sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Senin, 26 Okt 2020 09:46 WIB

Bos Samsung Lee Kun-hee tutup usia

Salah satu sosok pembangun dan paling kontroversial Samsung, Lee Kun-hee, meninggal pada usia 78 tahun.

Bos Samsung Lee Kun-hee tutup usia
Samsung Chairman Lee Kun-hee (Bloomberg)

Samsung baru saja  mengumumkan berita duka terkait meninggalnya sosok berpengaruh Samsung, Lee Kun-hee. Kabar ini merupakan sebuah kehilangan yang sangat besar, mengingat jasa dari Lee sangat besar untuk perusahaan tersebut.

Pihak Samsung tidak mengungkapkan penyebab dari kematian Lee. Namun seperti diketahui, Lee memang telah mengalami kelumpuhan setelah mengalami sakit jantung kembali pada 2014 silam.

Bloomberg (26/10) melaporkan, Lee meninggal pada usia 78 tahun di kediaman pribadinya ditemani oleh para keluarganya. Dikatakan, pihak keluarga ingin memakamkan Lee dalam pemakaman pribadi dalam waktu dekat ini.

Seperti diketahui, sosok Lee merupakan sosok penting untuk Samsung, yang mengubah perusahaan tersebut hingga menjadi seperti saat ini. Dia memberi tahu karyawannya untuk "mengubah segalanya kecuali istri dan anak-anak Anda" untuk mendorong inovasi dan menantang saingannya seperti Sony Corp.

Lee disebut sebagai orang terkaya di Korea Selatan. Dia diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD20,7 miliar. Setelah sakit, Samsung dipercayakan kepada putra satu-satunya, Jay Y. Lee, hingga saat ini.

"Pimpinan Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator terkemuka dunia dan pembangkit tenaga industri dari bisnis lokal," kata perusahaan itu. Warisannya akan abadi.

Namun, di balik keberhasilan kepemimpinannya membawa Samsung menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia, Lee juga memiliki beberapa “sisi gelap”. Dia dinyatakan bersalah menyuap Presiden Roh Tae-woo melalui dana gelap pada tahun 1995.

Ada juga tuntutan penggelapan pajak dan penggelapan pada tahun 2008, tetapi secara resmi diampuni untuk setiap hukuman. Pengampunan kedua datang pada tahun 2009, sehingga Lee dapat mengambil kembali tempatnya di Komite Olimpiade Internasional dan membentuk situasi yang lebih baik untuk Olimpiade 2018 di Pyeongchang.

Tag
Share
×
tekid
back to top