sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 05 Des 2022 08:38 WIB

BOE pamerkan layar laptop gaming 600 Hz

Ketika bermain gim, refresh rate akan menentukan kualitas dari layar sebuah perangkat. Kini BOE telah pamerkan refresh rate 600 Hz demi hasil yang sangat tajam.

BOE pamerkan layar laptop gaming 600 Hz
Source: Gizmochina

BOE baru saja memamerkan layar laptop 600 Hz pertama di dunia. Saat ini belum ada laptop gaming yang menawarkan refresh rate setinggi itu. Jika ada, layarnya juga kemungkinan akan hadir dengan teknologi tambahan. Seri Nvidia RTX 4000 saat ini sepertinya belum mendukung layar 600 Hz.

Original equipment manufacturer (OEM) bersaing untuk mengubah batas refresh rate layar dalam produk mereka. Sudah bertahun-tahun yang lalu sejak layar 60 Hz diperkenalkan. Saat ini, beberapa laptop seperti Alienware XT7 R2 memiliki refresh rate layar hingga 480 Hz. Meski demikian, industri gim masih menginginkan refresh rate yang lebih tinggi yang akan bermanfaat bagi sebagian besar judul AAA. BOE bekerja untuk memuaskan gamer permintaan yang terus bertambah.

BOE memamerkan beberapa teknologi layar di World Display Industry Conference. Dilansir dari Gizmochina (5/12), jajaran penawaran BOE yang inovatif mencakup layar gaming Mini LED ultra lebar 34 inci dengan refresh rate 165 Hz, layar ponsel lipat berbentuk Z, dan layar laptop 16 inci 600 Hz.

Layar 600 Hz itu juga dilengkapi dengan fps 1,66 ms. Laptop ini dapat menggunakan panel TN atau IPS dan resolusi layar Full HD atau Full HD+. Aspect ratio laptop dengan refresh rate 600 Hz ini adalah 16:10. Spesifikasi lebih mendetail dari layar yang mengesankan ini belum diketahui.

Akan menarik untuk melihat layar 600 Hz itu untuk benar-benar tampil di produk sebenarnya, tetapi sepertinya belum dalam waktu dekat. Tahun lalu, BOE mengumumkan layar 500 Hz 27 inci. Namun, hingga saat ini belum ada produk yang mendukung refresh rate tersebut memasuki pasar. BOE telah mengatakan bahwa refresh rate 500 Hz dimungkinkan melalui koneksi eDP 8 jalur.

Namun, pakar industri telah menunjukkan bahwa panel 600 Hz memerlukan koneksi DisplayPort 2.0 untuk beroperasi. Mungkin BOE sedang mengerjakan teknologi stream compression yang inovatif untuk mengakomodasi refresh rate yang sangat tinggi tersebut.

Share
×
tekid
back to top