sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
Jumat, 12 Feb 2021 11:16 WIB

BOE akan rilis layar Micro OLED akhir tahun ini, cocok untuk AR / VR

Micro OLED memasang panel OLED pada wafer silikon ketimbang substrat kaca, sehingga memungkinkannya menampilkan resolusi super tinggi.

BOE akan rilis layar Micro OLED akhir tahun ini, cocok untuk AR / VR
Source: Gizmochina

BOE Technology merupakan salah satu pabrikan panel layar terkemuka asal Tiongkok. Baru-baru ini perusahaan tersebut dilaporkan memiliki rencana untuk merilis layar jenis Micro OLED secara komersial pada paruh kedua tahun ini.

Teknologi panel layar Micro OLED itu akan digunakan untuk mendukung tampilan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Sebagai informasi, BOE telah mengembangkan panel Micro OLED sejak 2018 melalui Kunming BOE Display Technology, yang merupakan hasil patungan (joint venture) dengan provinsi Yunnan.

Micro OLED memasang panel OLED pada wafer silikon ketimbang substrat kaca, sehingga memungkinkannya menampilkan resolusi super tinggi. Sementara ukuran piksel panel OLED di ponsel dan TV sekitar 40 hingga 300 mikrometer, ukuran piksel panel Micro OLED adalah sepersepuluhnya, sekitar 4-20 mikrometer. Selain itu, ini sangat ideal untuk penggunaan AR dan VR karena memiliki response time cepat.

Dilansir dari Gizmochina (12/2), perusahaan yang berbasis di Korea Selatan Sunic Systems telah memasok BOE dengan peralatan deposisi untuk pembuatan panel Micro OLED, dan tahun lalu, perusahaan ini telah menandatangani kesepakatan senilai USD225 juta (Rp3 triliun) untuk hal yang sama.

Selain BOE, LG Display juga sedang mengerjakan panel jenis baru ini yang ditujukan untuk perangkat AR dan VR. Samsung Display, salah satu pabrikan layar terdepan di dunia, sejauh ini belum meluncurkan produk Micro OLED.

Di sisi lain, belum lama ini ada kabar bahwa Apple berencana mengembangkan teknologi layar Micro OLED ultra canggih di fasilitas rahasia di Taiwan dalam kemitraan dengan TSMC. Apple bahkan telah merekrut puluhan veteran dari pabrikan layar AU Optoelectronics asal Taiwan untuk membantu proyek Micro OLED mereka.

Share
×
tekid
back to top