Bocoran wujud motherboard X399 terbaru Gigabyte beredar

Motherboard Gigabyte X399 Aorus Extreme akan menjadi motherboard flagship untuk lini prosesor Ryzen Trhreadripper 2

Bocoran wujud motherboard X399 terbaru Gigabyte beredar Source: XFastest via TechPowerUp

Prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua akan dilengkapi dengan gelombang baru motherboard socket TR4 (sementara prosesornya sendiri sangat kompatibel dengan motherboard TR4 saat ini dengan pembaruan BIOS). Di ajang Computex, telah ada salah satu motherboard tersebut, dan kini giliran Gigabyte dengan X399 Aorus Extreme. Dilansir dari TechPowerUp (10/7), bocoran detil gambar tersebut juga memperlihatkan thermal design power (TDP) yang kompatibel dengan model prosesor Threadripper 2 24 core dan 32 core mendatang, yaitu 250 watt.

Hal tersebut menjelaskan mengapa motherboard dengan soket TR4 terbaru itu memiliki desain CPU VRM yang kuat. X399 Aorus Extreme menggunakan VRM 10+3 phase, yang menggunakan sumber daya dari sepasang konektor EPS 8-pin. Motherboard ini hampir seluruhnya terbungkus dalam logam dan plastik, dengan pelat logam yang menutupi sebagian besar sisi belakang.


BACA JUGA

Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard

Rayakan ulang tahun AMD ke-50, Gigabyte luncurkan motherboard edisi spesial

Gigabyte resmi boyong Z390 Aorus Xtreme Waterforce 5G ke Indonesia


Tidak ketinggalan pula penutup I/O belakang dengan pelindung yang terintegrasi di sepanjang sisi motherboard. Ada juga heatsink chipset besar yang memanjang ke heatsink M.2 untuk slot M.2 motherboard. Soket TR4 diapit oleh delapan slot DIMM DDR4.

Anda akan disajikan dengan empat slot PCI-Express 3.0 x16, yang mana dua berjalan di bandwidth x16 penuh. Kelengkapan pendukung jaringan termasuk 10 GbE di samping dua antarmuka 1 GbE, WLAN 802.11ac, Bluetooth 5.0, dan sejumlah port USB 3.1.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: