Bocoran prosesor Intel Comet Lake mencuat

Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui apakah prosesor ini akan tetap menggunakan teknologi fabrikasi 14nm ++ atau akan menggunakan 10nm.

Bocoran prosesor Intel Comet Lake mencuat Intel (Pcgamesn)

Intel dikabarkan akan segera meluncurkan jajaran prosesor terbaru mereka pada April mendatang. Mereka akan meluncurkan jajaran prosesor Cascade Lake, yang merupakan prosesor dengan teknologi 14nm ++.

Meski para penggemar sudah tak sabar menantikan prosesor tersebut, namun mereka masih ingin Intel meluncurkan prosesor dengan fabrikasi terbaru. Dan bagi Anda yang sudah tak sabar, belakangan ini beredar rumor mengenai kehadiran seri Comet Lake.


BACA JUGA

TSMC siapkan teknologi 3D chipset, siap diproduksi masal 2021

TSMC siapkan teknologi 3D chipset, siap diproduksi masal 2021

AMD siapkan Ryzen APU seri 3000


Hal ini bocor dalam sebuah list dukungan prosesor untuk sistem operasi Linux. Dari daftar yang bocor tersebut, diketahui Intel akan memiliki total delapan prosesor sekaligus dalam keluarga Comet Lake.

Seperti biasa, mereka akan membaginya ke tiga lini utama. Yang pertama adalah desktop atau ada di dalam keluarga Comet Lake S. Mereka akan membawa sekitar dua varian, yakni Comet Lake S 10+2 dan Comet Lake S 8+2.

Kemudian, ada juga total empat prosesor di keluarga Comet Lake U, yang ditengarai sebagai prosesor untuk laptop. Keempat prosesor tersebut adalah Comet Lake U 2+2, Comet Lake U 4+2, Comet Lake U 6+2, dan Comet Lake ULX 4+2.

Mereka juga sudah mempersiapkan dua prosesor laptop high-end di bawah keluarga Comet Lake H. Kedua prosesor tersebut adalah Comet Lake H 6+2 dan Comet Lake H 8+2. Lantas, apa arti dari angka tersebut?

Wccftech (18/3/2019) melaporkan, angka pertama yang ada di kode tersebut melambangkan banyaknya prosesor inti dalam sebuah prosesor. Misal, Comet Lake S 10+2 akan memiliki total 10 inti dalam prosesornya.

Sedangkan angka di belakang merupakan indikasi penggunaan grafis terbaru. Intel dikabarkan akan menggunakan chip grafis terbaru mereka, yakni chip grafis GT2.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan Intel akan meluncurkan jajaran prosesor tersebut. Belum diketahui juga apakah ini akan menjadi awal penggunaan teknologi fabrikasi 10nm atau akan masih menggunakan teknologi fabrikasi 14nm ++.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: