Bocoran GPU terbaru AMD miliki kode Navi 12

Sayangnya, Navi 12 tidak akan menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Selain itu, pengguna juga tidak akan melihat peluncuran GPU ini dalam waktu dekat.

Bocoran GPU terbaru AMD miliki kode Navi 12 AMD RX Navi (Wccftech)

Beberapa waktu lalu AMD baru saja mengumumkan GPU terbaru mereka yang bernama Radeon Instinct MI60. Hadir dengan fabrikasi 7nm, AMD menargetkan grafis ini untuk kalangan profesional, bukan untuk non-profesional.

Namun, belakangan ini beredar kabar bahwa AMD sedang menyiapkan GPU untuk pengguna non-profesional. Wccftech (13/11) menyebut bahwa perusahaan tersebut telah mempersiapkan sebuah GPU baru untuk konsumen biasa yang memiliki kode Navi 12, bukan Navi 10.


BACA JUGA

Besok rilis, bocoran AMD Ryzen 9 3950X mencuat

AMD segera hadirkan platform yang dukung PCIe 5.0

AMD perkenalkan motherboard X570 baru


Dalam sebuah wawancara, AMD mengaku bahwa Navi 12 akan memiliki total 40 CU. Bila ditranslasi ke Stream Processors milik NVIDIA, maka GPU ini akan memiliki total 2560 Stream Processors.

Tentu saja, hal ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan GPU generasi sebelumnya, yakni Polaris 30. Kabarnya GPU ini akan masuk dalam keluarga Raden 600.

Tapi, bagi Anda yang berpikir Navi 12 akan menjadi GPU pertama yang akan menggunakan arsitektur 7nm, Anda harus kecewa. AMD masih belum merencanakan untuk membawa teknologi fabrikasi tersebut ke pengguna umum dalam waktu dekat

Selain itu, beredar rumor bahwa Sony akan kembali menggandeng AMD untuk membuat chipset kostumisasi untuk PlayStation 5 mereka. Namun, pihak AMD menyebut chip tersebut tidak akan berbasis Navi 12.

Sayangnya, kita tidak bisa mengharapkan kemunculan GPU ini dalam waktu dekat ini. Karena AMD masih harus melakukan pengembangan terhadap kemampuan GPU tersebut sebelum benar-benar dirilis untuk para pengguna mereka. Perihal harga AMD masih tertutup, namun sepertinya tidak lebih tinggi dari harga RX Vega 56.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: