sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 30 Mei 2022 18:26 WIB

Blibli dan Jumpstart resmikan vending machine khusus produk UMKM

Kolaborasi vending machine UMKM Blibli dan Jumpstart diinisiasi untuk membuka channel baru bagi UMKM berjualan melalui pendekatan omnichannel.

Blibli dan Jumpstart resmikan vending machine khusus produk UMKM

Digitalisasi UMKM di Indonesia meningkat selama pandemi berdasarkan temuan data oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Republik Indonesia. Dengan peningkatan sebesar 130% selama dua tahun terakhir, Kemenkop UMKM memproyeksikan 30 juta UMKM beralih ke digital pada 2024.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah ini, BliBli berkolaborasi dengan Jumpstart menghadirkan vending machine pintar. Berbeda dengan vending machine yang sering kita jumpai, vending machine satu ini menawarkan produk-produk UMKM yang tergabung dalam kategori Galeri Indonesia di Blibli.

Blibli sadar, tidak semua pelaku UMKM di Indonesia memahami secara mendalam cara kerja bisnis digital, seperti branding atau pricing yang benar. Galeri Indonesia merupakan rumah bagi kumpulan UMKM yang telah terverifikasi dan dibina untuk menjadi UMKM yang melek digital. Kolaborasi dengan Jumpstart, menjadi cara lain bagi Blibli untuk mensejahterakan UMKM lewat pendekatan omnichannel. 

“Kami bantu untuk memastikan bahwa mereka (UMKM) bisa membuka channel yang baru untuk mereka bisa berjualan, yang kami sebut pendekatan omnichannel. Jadi bukan lagi online atau offline, tapi kami percaya adalah online dan offline,” kata Edward Kilian S., CMO Blibli dalam Peluncuran Smart Vending Machine UMKM Blibli dan Jumpstart di Grand Indonesia, Jakarta (30/5). 

Untuk saat ini, perusahaan meluncurkan 4 vending machine pertama yang dapat ditemui di Grand Indonesia dalam kegiatan Locale Pop Up hingga 12 Juni 2022. Sebanyak 36 UMKM bergabung dalam vending machine ini, dengan total 180 varian produk lokal. 

Sementara itu, Brian Imawan, CEO Jumpstart mengatakan, “Dengan penyebaran 1000 vending machine di Jabodetabek, JumpStart akan mengisi beberapa slot pada tiap vending machine untuk produk UMKM binaan Blibli, harapannya  semoga, vending machine ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan awareness, mencapai target pasar, hingga memperkuat product showcase dengan lebih efisien.” 

Peluncuran Vending Machine UMKM Blibli dan Jumpstart juga turut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. Menurut Teten, buah kolaborasi Blibli dan Jumpstart merupakan suatu terobosan yang dapat meningkatkan omzet UMKM di Indonesia.

“Kami melihat bahwa sinergi lintas industri, khususnya di sektor digital, makin dibutuhkan guna meningkatkan kapabilitas UMKM di kanal online. Maka dari itu, kami mengapresiasi inisiatif dari Blibli dan JumpStart dalam memberikan dukungan peningkatan kapasitas hingga pemasaran terhadap produk-produk UMKM yang kini kian berkualitas. Kami berharap, sinergi ini dapat memberikan manfaat nyata yang berkelanjutan bagi UMKM sekaligus menginspirasi para pelaku industri lainnya untuk bergandengan tangan mendukung kemajuan UMKM yang merupakan agen kebangkitan ekonomi nasional,” ujar Teten.

Tag
Share
×
tekid
back to top