sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 03 Jan 2022 18:36 WIB

Perangkat BlackBerry resmi berhenti beroperasi hari ini

Dalam sebuah pernyataan terbaru, BlackBerry mematikan layanan data seluler dan dukungan WiFi untuk perangkat berbasis BlackBerry OS.

Perangkat BlackBerry resmi berhenti beroperasi hari ini

Setelah beberapa tahun tenggelam oleh keberadaan smartphone, BlackBerry pun akan secara permanen menonaktifkan smartphone mereka yang masih berbasis non-Android. Kabarnya, hal ini akan terjadi di semua perangkat mereka.

Pihak BlackBerry mengumumkan bahwa mereka telah menonaktifkan dukungan untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi berbasis Blackberry. Hal ini terjadi untuk pengguna OS BlackBerry 7.1 atau sebelumnya, BlackBerry 10, serta PlayBook.

Mereka mengatakan, dinonaktifkannya OS ini akan mulai terjadi pada 4 januari. Semua perangkat yang menggunakan OS tersebut tidak lagi akan dapat menerima sinyal seluler dan WiFi sehingga mereka tidak lagi dapat melakukan panggilan, mengirim SMS, atau bahkan menelepon saluran darurat, seperti dilansir dari The Verge (4/1).

Seperti diketahui, sebelumnya BlackBerry telah mencoba untuk membangkitkan brand mereka dengan meluncurkan smartphone berbasis Android. Tapi sayang, perangkat baru mereka pun harus berakhir gagal.

Bukan hanya meluncurkan smartphone mereka sendiri yang berbasis Android, namun mereka juga pernah melisensikan brand mereka ke pihak lain, dimana salah satunya adalah TCL. Mereka juga pernah meluncurkan kembali perangkat tersebut ke pasaran.

Tapi, pada  tahun 2020, sebuah perusahaan Texas bernama OnwardMobility mengatakan akan membuat perangkat BlackBerry dengan OS Android dan jaringan 5G yang menggunakan keyboard QWERTY penuh untuk dirilis pada tahun 2021.

Namun sayang, hingga saat ini kita masih belum melihat produk tersebut direalisasikan di pasaran. Jadi, kemungkinan besar produk baru tersebut tidak akan hadir dalam waktu dekat ini.

Dan jika kalian masih menggunakan perangkat BlackBerry lawas, sebaiknya kalian move on dan memajang perangkat lama kalian sebagai kenang-kenangan.
 

Share
×
tekid
back to top