E3 2019

Bethesda siapkan platform gaming cloud bernama Orion

Bethesda menyebut, Orion tidak akan mengganggu layanan seperti Stadia atau xCloud, melainkan akan menjadi pelengkap.

Bethesda siapkan platform gaming cloud bernama Orion Bethesda Orion (Digital Trends)

Saat ini, semakin banyak pihak yang mengembangkan platform cloud gaming. Mulai dari raksasa software Google dan Microsoft, hingga beberapa pihak lain juga ikut meramaikan pasar tersebut.

Bethesda Softworks juga ikut-ikutan masuk ke ranah yang sama. Mereka kini memiliki sebuah layanan cloud gaming yang disebut sebagai Orion. Mereka meluncurkan layanan ini pada ajang E3 2019.


BACA JUGA

CD Projekt Red pastikan Cyberpunk 2077 akan dukung Ray Tracing

Square Enix tertarik layanan streaming gim

Google ajak gamer bikin gim di dalam sebuah gim


Orion seharusnya melengkapi layanan cloud gaming yang ada, bukan bersaing dengan Stadia dan xCloud. 

"Orion dapat dimasukkan ke dalam mesin game apa pun, dapat digunakan dengan platform streaming apa pun untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen mana pun yang memainkan game itu pada platform itu dan untuk memberikannya dengan biaya lebih rendah bagi siapa pun yang melayani data," kata Direktur Penerbitan Gim Bethesda, James Altman seperti dikutip dari laman Wccftech (11/6).

Pada dasarnya, Orion bekerja dengan mendelegasikan beberapa tugas pemrosesan ke mesin game secara lokal. Berbeda dengan sistem lain, yang menjalankannya saat dikirimkan ke pemain melalui internet.

Bethesda mengatakan bahwa menyalakan hanya satu dari beberapa fitur Orion, mampu memangkas bandwidth sebesar 40 persen. Hal ini juga seharusnya mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyandikan bingkai video (yang kemudian dialirkan ke pemutar) sebesar 30 persen dan memotong kerja komputasi yang dibutuhkan sebesar 20 persen.

Bethesda tidak mengatakan berapa banyak bandwidth yang diperlukan untuk menyalakan semua fitur Orion. Altman juga mengatakan bahwa berbagai jenis permainan akan mendapat manfaat lebih dari fitur yang berbeda.

Dengan perhitungan tersebut, pengguna tidak memerlukan kecepatan 35 Mbps untuk menjalankan gim di resolusi 4K. Hal ini dapat membuat jarak fisik Anda dari server menjadi kurang penting, sehingga layanan dapat menjalankan lebih sedikit pusat data. Dan hal ini menjadi kabar baik bagi perusahaan yang tidak memiliki sumber daya masif seperti Google. 

Bethesda akan menjalankan tes Orion akhir tahun ini, namun dijalankan secara independen dan tidak bersamaan dengan layanan streaming yang ada. Pengguna akan dapat menjalankan game Doom 2016 pada 60 fps dalam resolusi 4K selama pengetesan ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: