sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 24 Mei 2021 13:08 WIB

Berbagai vendor mulai dukung standardisasi PSU ATX12VO

Berbagai vendor, baik motherboard dan PSU semakin banyak memperlihatkan dukungan mereka untuk standarisasi ATX12VO yang diinisiasi oleh Intel.

Berbagai vendor mulai dukung standardisasi PSU ATX12VO
Corsair

Intel baru saja mengungkapkan bahwa mereka ingin menstandardisasi konektor daya. Hal ini mereka lakukan melalui jajaran CPU Alder Lake-S generasi ke-12 yang akan diluncurkan secara resmi pada awal 2022 mendatang.

Beberapa vendor pun sudah mulai membuat jajaran motherboard yang mendukung konektor daya ATX12VO. ASRock misalnya, mereka sudah mempersiapkan motherboard Z490 Phantom Gaming 4SR.

Selain ASRock, ASUS juga dikabarkan akan merilis sebuah motherboard dengan ATX12VO. Mereka disebut akan menggunakan teknologi ini di salah satu motherboard konten kreator mereka, yakni Prime Z490-S.

Tapi sayangnya, MSI dan Gigabyte masih belum memberikan pernyataan terkait dengan kehadiran motherboard dengan dukungan ATX12VO. Meski demikian, kita bisa berharap mereka juga akan memiliki motherboard dengan spesifikasi tersebut.

Jika berbicara dari sisi produsen PSU, beberapa vendor pun sudah mengumumkan kehadiran PSU yang menggunakan konektor tersebut. Salah satunya adalah High Power dengan HP1-P650GD-F12S mereka.

Sebenarnya, pada CES 2020 lalu Intel telah membicarakan dukungan Corsair, Channel Well dan FSP soal PSU dengan ATX12VO. Tapi, hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari ketiga vendor tersebut.

Di sisi lain, Seasonic mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan Focus GX650 dengan ATX12VO. Tom’s Hardware (24/5) mengatakan bahwa Seasonic telah memberitahu sedikit detail mengenai hal tersebut kepada der8auer.

Seperti diketahui, ada beberapa hal yang ditekankan oleh Intel dengan kehadiran ATX12VO. Yang pertama, konektor ATX12VO baru lebih kecil, yang penting untuk PC modern ultra-compact form-factor (UCFF). 

Yang kedua adalah penyederhanaan dari sisi PSU sehingga berpotensi membuat PSU lebih murah. Terakhir, dengan konversi 12V menjadi 5V dan 3,3V pada motherboard dikatakan lebih hemat daya, sehingga ATX12VO diharapkan dapat mengurangi konsumsi daya PC desktop.

Share
×
tekid
back to top