sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Selasa, 02 Mar 2021 09:42 WIB

BenQ rilis monitor warna akurat untuk fotografer

SW271C dikalibrasi menggunakan hardware sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan chip pemrosesan internal tanpa mengubah informasi output kartu grafis.

BenQ rilis monitor warna akurat untuk fotografer

BenQ baru saja mengumumkan monitor profesional yang menjanjikan warna akurat untuk keperluan mengedit foto, SW271C. Monitor khusus para fotografer ini merupakan peningkatan dari BenQ SW271 lawas. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa monitor terbarunya mengusung panel IPS dengan penerangan tipe LED edge-lit.

Tawaran contras ratio BenQ SW271C adalah 1.000:1 dan kecerahan maksimal hingga 300 nit. Meskipun monitor ini mendukung beberapa format HDR, tetapi kecerahan ini bisa dibilang terlalu rendah untuk menawarkan reproduksi konten HDR yang unggul.

Dilansir dari PetaPixel (2/3), SW271C menggunakan teknologi akurasi warna AQCOLOR eksklusif dari BenQ dan mencakup color gamut Adobe RGB 99%, sRGB 100%, dan DCI-P3 90%. Perusahaan asal Taiwan tersebut mengatakan bahwa monitor ini memiliki response time 5 ms dan refresh rate 60 Hz, serta warna 10 bit.

Ada pula teknologi Uniformity Technology untuk memastikan akurasi warnanya meluas ke seluruh monitor. SW271C dikalibrasi menggunakan hardware sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan chip pemrosesan internal tanpa mengubah informasi output kartu grafis, dan gambar cocok dengan konten asli tanpa pengaruh dari pengaturan kartu grafis.

Pada dasar monitor terdapat modul yang disebut BenQ sebagai ‘Hotkey Puck G2.” Ini berguna untuk akses mudah ke pintasan macam-macam mode warna berbeda. Misalnya, modul ini dapat bertukar dengan cepat antara Adobe RGB, sEGB, B/W, Rec.709, DCI-P3, dan HDR.

Tentu saja pintasan tersebut dapat disesuaikan dan BenQ memiliki mode tampilan khusus yang disebut Gamut Duo sehingga memungkinkan tampilan komparatif dalam ruang warna berbeda. BenQ mengatakan bahwa fotografer dapat melakukan pratinjau cetakan di layar dengan properti yang hampir identik dengan salinan cetak menggunakan fitur Paper Color Sync Software.

Monitor ini dapat dihubungkan melalui USB-C (dan mendukung pengisian daya 60 watt), ada juga kelengkapan dua port HDMI 2.0 dan satu DisplayPort 1.4. Tidak ketinggalan pula USB 3.1 Hub untuk dua USB downstream dan satu USB upstream, serta slot kartu SD.

BenQ mengatakan monitor tersebut juga cocok untuk mengedit video HDR dengan dukungan HDR10 dan HLG. Tidak luput pula kemampuan untuk memutar video 24p, 25p, dan 30p secara natif. Sayangnya belum ada informasi harga terkait monitor ini.

Share
×
tekid
back to top