sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Selasa, 28 Nov 2023 15:11 WIB

Tanpa shutter mekanis, begini suara Sony a9 III ketika memotret 120 fps

Beberapa waktu lalu Sony telah mengumumkan mirrorless flagship mereka secara global, yairu Sony a9 III. Kamera ini tidak memiliki shutter mekanis.

Tanpa shutter mekanis, begini suara Sony a9 III ketika memotret 120 fps

Beberapa waktu lalu Sony telah mengumumkan mirrorless flagship mereka secara global, yaitu Sony a9 III. Meski belum resmi dijual, ada sejumlah fotografer yang telah mencoba mirrorless full-frame dengan global shutter pertama di dunia ini, termasuk Alex Phan. Dia telah membagikan video “suara shutter” ketika memotret kecepatan 120 fps.

Dilansir dari Petapixel (28/11), suara shutter tiruan a9 III sangat cepat pada 120 fps. Ini pada akhirnya membantu menggambarkan seberapa cepat kamera terbaru buatan Sony tersebut beroperasi. Berkat sistem sensor shutter global, a9 III mampu membaca seluruh pikselnya saat memotret secara bersamaan dan menghilangkan kebutuhan akan shutter mekanis.

“Suara shutter” tersebut bersifat sintetis dan dibuat untuk memberikan feedback pendengaran kepada pengguna tentang apa yang sedang dilakukan kamera. Ini seperti versi kamera dari simulasi kebisingan mesin di mobil listrik atau kedap suara. Audio a9 III memungkinkan fotografer merasa lebih “sadar” dengan tindakan mereka dan memahami apa yang dicapai kamera “secara diam-diam”.

A9 III bukanlah kamera mirrorless flagship pertama yang menampilkan simulasi suara shutter. Banyak kamera menghasilkan suara shutter palsu dalam mode shutter elektroniknya, dan kamera seperti Nikon Z8 dan Z9, yang juga tidak memiliki shutter mekanis, menyertakan suara shutter tiruan.

Tentu saja, suara shutter palsu (atau tiruan) pada a9 III, yang diaktifkan secara default, dapat dimatikan, sesuatu yang tidak dapat dilakukan fotografer dengan shutter mekanis. Secara teoritis, fotografer juga dapat membuat “shutter” a9 III terdengar seperti apa pun yang mereka inginkan jika Sony mengizinkan orang mengubah file audio. Nikon telah mengizinkan fotografer untuk mengubah suara shutter.

Share
×
tekid
back to top