sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 20 Feb 2021 11:02 WIB

Begini penampakan Mars dari dekat

Beberapa jam setelah rover Perseverance mendarat, ia mengirimkan beberapa foto pendaratan yang menampilkan permukaan Mars dari dekat.

Begini penampakan Mars dari dekat
Source: NASA

NASA telah berhasil mendaratkan rover Perseverance ke Mars. Kini, penduduk di Bumi dapat melihat lebih dekat penampakan dari planet merah itu, hanya dalam waktu 24 jam setelah rover mendarat. Ini merupakan bagian pengecekan kesehatan yang dilakukan tim terhadap rover, sesaat setelah mendarat

Foto yang dirilis NASA menampilkan bagaiman rover mendarat di permukaan. Sejauh 2 meter di atas tanah, rover siap dilepaskan dari kabel yang terhubung dengan pesawat ruang angkasa yang membawanya. Di dalam foto, terlihat enam roda rover yang bersiap menghantam tanah. Selain rover, foto juga menunjukkan kabel tersebut.

Foto Perseverance sebelum mendarat

NASA mengatakan, berbeda dengan penjelajah sebelumnya, mayoritasa kamera Perseverance mengambil gambar dalam warna. Setelah mendarat, dua kamera Hazard (Hazcams) menangkap pemandangan dari depan dan belakang penjelajah. Dari kamera tersebut, terdapat foto yang menangkap pemandangan salah satu roda.

Foto roda Perseverance

Pengintai beresolusi tinggi di orbit, yakni NASA’s Mars Reconnaissance juga mengabadikan parasut Perseverance di udara. Pengintai ini dibuat khusus untuk menangkap pesawat luar angkasa yang berlayar di Kawah Jezero. The High Resolution Camera Experiment (HiRISE) yang dipimpin oleh Universitas Arizona juga sebelumnya melakukan hal yang sama untuk pendaratan Curiosity pada 2012 silam.

Selanjutnya, NASA menjanjikan lebih banyak foto dalam beberapa hari ke depan dan mungkin juga rekaman audio selama pendaratan. Hari ini (20/2), Perseverance dijadwalkan akan memasang tiang di atas deck. Di tiang tersebut, akan disematkan kamera navigasi (Navcams) dan dua kamera sains, yakni Mastcam-Z dan SuperCam. Navcam sendiri diharapkan untuk mengambil panorama di sekitar rover.

Di masa mendatang, para insinyur akan mempelajari data sistem penjelajah, memperbarui perangkat lunak, dan mulai menguji berbagai instrumen. Dalam minggu-minggu berikutnya, lengan robotik Perseverance akan diuji dan melakukan perjalanan singkat untuk pertama kalinya, sembari mencari lokasi datar yang cocok untuk menurunkan Ingenuity, helikopter mini yang terpasang di perut rover.

Jadi, masih membutuhkan beberapa bulan lagi hingga Perseverance dapat mengumpulkan bebatuan dan sedimen yang ada di planet Martian itu.

Tag
Share
×
tekid
back to top