sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Senin, 19 Okt 2020 12:03 WIB

Begini cara mengenali iPhone 11 hingga iPhone 11 Pro Max palsu

Apa yang harus diperhatikan dari iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max palsu? Anda harus mengenali tanda-tanda berikut ini.

Begini cara mengenali iPhone 11 hingga iPhone 11 Pro Max palsu
Source: Unsplash

Cara membedakan iPhone asli dan palsu memang agak sulit bagi sebagian orang. Dengan segmen pasar yang besar, bisnis iPhone palsu menjadi keuntungan tersendiri bagi oknum-oknum nakal. Seiring waktu, replika iPhone dibuat dengan sangat mirip, sehingga secara fisik sangat identik dengan iPhone asli. Jika dilihat dari ukuran, penempatan tombol, penempatan logo, penempatan kamera, serta fitur fisik lainnya, iPhone palsu tampak serupa dengan versi asli. 

Tingginya jumlah orang-orang yang berminat membeli iPhone membuat produsen ilegal semakin tergerak untuk membuat dan menjual iPhone palsu yang benar-benar mirip. Oleh karena itu jangan, sampai Anda salah membeli iPhone. Simak ulasan di bawah ini untuk mengenali iPhone 11, iPhone 11 pro, dan iPhone 11 Pro Max palsu serta cara membedakannya dari yang asli. 

Sebagian besar iPhone palsu memiliki sistem operasi Android. Namun biasanya pengaturan dan fitur Android tersebut disembunyikan. Maka, berhati-hatilah saat membeli iPhone di situs yang tidak dikenal jika Anda tidak ingin tertipu. Terkadang produk palsu dibuat sebelum peluncuran resmi berdasarkan rumor atau setelah peluncuran resmi. Produk palsu biasanya dibuat bertujuan untuk membuat replika semurah mungkin dan semirip mungkin dengan iPhone asli. 

Apa yang harus diperhatikan dari iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max palsu? Anda harus mengenali tanda-tanda berikut ini untuk memastikan produk iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max Anda asli: 

1. Pengemasan 

Cari kejanggalan dalam pengemasan retail resmi dari Apple. Jika warna kotak tidak resmi maka kemungkinan besar iPhone yang Anda miliki palsu. Selain itu periksa juga aksesori dan informasi yang berada di dalam kotak. Informasi yang salah kemungkinan ada di dalam kotak. 

2. Penempatan tombol 

Penempatan tombol adalah salah satu ciri fisik yang harus diperhatikan. Pada iPhone asli, tombol power berada di sudut kanan atas, sedangkan tombol volume terletak di sisi kiri atas. Jika terdapat salah satu tombol yang tidak tepat penempatannya berarti iPhone 11 tersebut palsu. 

Beberapa iPhone palsu tetap memiliki tombol di posisi yang benar. Namun, Anda harus mencoba menekan tombolnya sesering mungkin, untuk memastikan apakah tidak longgar atau tidak terpasang dengan benar. 

3. Periksa logo 

Kerap kali iPhone palsu memiliki posisi logo yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang seharusnya. Beberpa iPhone palsu memiliki logo Apple di bagian belakang. Jika Anda menyentuh logo Apple tersebut dan merasakan adanya transisi dari cover ke logo Apple, itu dapat diindikasikan palsu. 

4. Fitur yang hilang

Periksa fitur yang hilang seperti Dark Mode dan fitur iPhone lainnya. Kebanyakan kasus yang ditemui dalam iPhone palsu adalah kontrol gerakan tidak berfungsi. 

5. Pengaturan palsu

Menu pengaturan yang tidak bisa dibuka atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya itu menandakan perangkat tersebut palsu. 

6. Face ID

Face ID yang tidak berfungsi bisa menjadi tanda iPhone palsu. Biasanya Face ID yang palsu akan berpura-pura untuk memindai cuaca, bukan memindai wajah Anda. Fitur ini mungkin tidak akan berfungsi saat Anda membuka kunci perangkat. 

7. Kualitas kamera 

Kamera iPhone asli akan memiliki kualitas kamera yang bagus, sedangkan yang palsu disertai kualitas kamera rendah. Anda harus mencoba rekam video dan ambil foto, kemudian lihat seberapa kualitas kameranya. 

8. Periksa siri

Aplikasi Siri hanya dapat beroperasi di perangkat dengan sistem operasi iOS. Jika Siri tidak berfungsi, ada kemungkinan iPhone tersebut palsu. 

9. Coba hubungkan ke iTunes 

Hubungkan iPhone Anda ke Mac menggunakan kabel lightening ke USB lalu coba hubungkan dengan iTunes. Jika terdapat kesalahan, itu berarti iTunes tidak mengenali perangkat atau tidak terdeteksi. Dengan demikian, ada kemungkinan iPhone tersebut palsu.

Jika iPhone Anda sudah lulus semua tes yang di atas, tetapi masih diragukan dan tidak memiliki kepastian, ada cara lain untuk dapat membedakan antara iPhone 11, Pro, Pro Max asli dan palsu. Anda dapat menanyakan garansi. Biasanya tempat pembelian iPhone palsu tidak akan memberikan jaminan ke service center resmi Apple. Anda bisa membawa iPhone ke toko Apple terdekat dan mereka akan melakukan tes diagnostik untuk memeriksa keabsahan iPhone. 

Share
×
tekid
back to top