Baru setahun, Fortnite Mobile raup keuntungan Rp7 triliun

Meski baru hadir di perangkat mobile kurang dari satu tahun, Epic Games raup triliunan rupiah dari gim Fortnite.

Baru setahun, Fortnite Mobile raup keuntungan Rp7 triliun Fortnite Mobile (Epic Games)

Saat ini, Fortnite menjadi salah satu gim berpendapatan tertinggi di dunia. Bukan hanya versi desktop saja, melainkan gim versi mobile mereka berhasil meraup keuntungan triliunan rupiah.

Hal ini berhasil mereka lakukan meskipun gim Fortnite baru berusia kurang lebih satu tahun di platform mobile. Tentu saja, hal ini merupakan pencapaian yang bisa dibanggakan Epic Games sebagai pengembang gim tersebut.


BACA JUGA

Fortnite blokir 1200 akun peserta yang melakukan pelanggaran

China perketat aturan gim, judul gim harus sesuai budaya

Grand Theft Auto 6 ketahuan sudah dalam masa pengembangan


Menurut perusahaan Sensor Tower, perusahaan intelijen pasar, Fortnite berhasil meraup keuntungan USD500 juta atau Rp7 triliun. Jumlah ini berhasil diraih dalam waktu 326 hari setelah peluncurannya pada 15 Maret lalu.

Variety (13/2) melaporkan, apa yang dicapai gim tersebut mengalahkan pencapaian Clash Royale milik Supercell. Clash Royale mencapai keuntungan besar dalam waktu 389 hari, 

Saat dihitung, gim ini menghasilkan rata-rata USD1,53 juta atau Rp21,5 miliar per hari selama jangka waktu tersebut. Sedangkan untuk penyumbang paling besar, para gamer dari Amerika lah yang paling banyak menghamburkan uang di Fortnite.

"Berbicara tentang persentase, kami memperkirakan bahwa Apple telah mengklaim sekitar USD150 juta atau Rp2,1 triliun dari gim tersebut, dengan skema biaya platform 30 persen untuk pembelian dalam aplikasi. Sedangkan USD350 juta atau Rp4,9 triliun akan dikirim ke Epic Games," kata Sensor Tower .

Sekadar informasi, Fortnite Mobile di iOS menghasilkan USD300 juta atau Rp4,2 triliun dalam 200 hari pertama. Sebagai perbandingan, PUBG Mobile menghasilkan sekitar USD47 juta atau Rp660 miliar pada iOS dalam 173 hari setelah mulai menawarkan pembelian dalam aplikasi.

Sekali lagi, gamer di Amerika adalah penyumbang terbesar dalam pendapatan tersebut, yang menyumbang 65 persen dari total pendapatan Fortnite. Tahun lalu, gim ini berada di peringkat sembilan dalam perolehan pendapatan. Kini Fortnite ada di peringkat ketujuh di seluruh dunia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: