Baru 10 bulan, Razer Game Store segera ditutup

Razer mengatakan toko gimnya itu akan ditutup akhir bulan ini, sebagai bagian dari rencana penyesuaian. 

Baru 10 bulan, Razer Game Store segera ditutup (Foto: TechCrunch)

Razer menjadi merek yang dikenal sebagai produsen yang berfokus pada industri gaming. Perusahaan juga telah memiliki toko gim digital sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak bisnisnya. Sayangnya layanan itu kini ditutup.

Penutupan ini juga telah diumumkan oleh perusahaan. Razer mengatakan toko gimnya itu akan ditutup akhir bulan ini, sebagai bagian dari rencana penyesuaian. 


BACA JUGA

Begini penampakan Razer Phone terbaru

Razer kerja sama dengan Tencent garap Razer Phone 3

Razer perkenalkan router gaming bernama Sila


Disebut Razer Game Store, layanan itu dirilis di seluruh dunia pada April 2018. Tujuannya adalah untuk mengambil keuntungan dari bisnis penjualan gim yang selama ini diketahui didominasi oleh Steam. Yang membedakan Razer Game Store dengan Steam adalah adanya kredit untuk memberikan insentif kepada pelanggan berupa diskon. Diskon itu bisa digunakan untuk membeli perangkat bermerek Razer atau konten digital lainnya.

Razer tak mengungkap alasan dibalik penutupan toko gimnya. Namun bisa dikatakan layanan itu tak berjalan sesuai dengan harapan Razer hingga akhirnya ditutup. Dilansir TechCrunh (18/2), butuh banyak modal untuk menyediakan penjualan gim digital. Namun hasilnya juga tak kalah menggiurkan.

Steam sendiri menghasilkan USD4,7 miliar pada 2017. Epic Games juga tak kalah untung berkat keberhasilan gim Fortnite dengan labar USD3 miliar di tahun lalu. Twitch milik Amazon juga memiliki toko sendiri namun kemudian ditutup pada November 2018. 

Epic juga menawarkan layanan serupa dan baru memulai debutnya pada akhir 2018. Meski menawarkan layanan yang berbeda, Epic Game Store saat ini masih memiliki sedikit pengunjung. 

Razer Game Store akan resmi ditutup pada 28 Februari. Semua gim yang telah dibeli akan terus berfungsi. Menurut Razer, gim yang telah dipesan di muka (pre order) juga akan dikirimkan ke pengguna sesuai rencana. Jika Anda memiliki voucher diskon, Razer menyarankan untuk menggunakannya sebelum toko ditutup.

Lebih lanjut Razer mengatakan akan terus menghadirkan gim bagi gamer melalui layanan lain. "Kami akan berinvestasi dengan cara lain untuk memberikan konten yang hebat dan memperkenalkan promosi gim melalui Razer Gold, sistem kredit virtual kami."

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: