sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 24 Mei 2023 12:06 WIB

Bill Gates : Ini bahaya AI bagi pekerjaan manusia

Ssalah satu pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan berdampak besar pada pekerjaan di masa depan.

Bill Gates : Ini bahaya AI bagi pekerjaan manusia
Source: Unsplash/Possessed Photography

Kecerdasan buatan akan mengambil alih pekerjaan kita. Banyak dari Sahabat Tek pasti pernah mendengar kalimat ini sebelumnya. Selama bertahun-tahun, ungkapan yang terdengar seperti lelucon ini sayangnya menjadi kenyataan potensial saat ini. Bukan klaim sendiri, hal tersebut diungkapkan sendiri oleh CEO Microsoft. Bill Gates

Dalam sebuah wawancara, salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan berdampak besar pada pekerjaan di masa depan. Dia memperkirakan AI akan mengotomatiskan banyak pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia, tetapi juga menciptakan pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang berbeda. 

Gates juga percaya asisten AI pada akhirnya akan menjadi sangat canggih sampai-sampai dapat menggantikan Google Search, Amazon, dan banyak lagi. Kecerdasan buatan sangat mungkin memahami kebutuhan dan kebiasaan kita, dan mereka akan dapat membantu kita dalam segala hal mulai dari mencari informasi hingga melakukan pembelian. 

Gates bukan satu-satunya yang percaya bahwa AI akan berdampak besar pada tenaga kerja. Studi terbaru oleh McKinsey Global Institute, dikutip dari Gizmochina (24/5), menemukan bahwa hingga 800 juta pekerjaan dapat hilang akibat otomatisasi pada tahun 2030. 

Namun, studi tersebut juga menemukan bahwa hingga 950 juta pekerjaan baru dapat diciptakan dalam periode waktu yang sama, banyak di antaranya akan membutuhkan keterampilan dan pendidikan yang lebih tinggi. 

Keterampilan yang harus dimiliki ketika AI mendominasi 

  • Upskilling dan reskilling:  Individu harus fokus pada pengembangan keterampilan baru yang dibutuhkan dalam ekonomi AI. Ini bisa termasuk belajar kode, ilmu data, atau kecerdasan buatan. 
  • Mudah beradaptasi:  Individu harus mau mempelajari keterampilan baru dan beradaptasi dengan cara kerja yang baru. Ini akan menjadi penting agar tetap relevan dalam dunia kerja. 
  • Jaringan:  Membangun hubungan dengan orang-orang di industri AI dapat membantu individu tetap mengetahui tren dan peluang terbaru.

Ini berarti bahwa individu perlu beradaptasi dan mau mempelajari keterampilan baru agar tetap relevan di dunia kerja. Mereka juga harus dapat bekerja dengan alat dan teknologi bertenaga AI.

Share
×
tekid
back to top