ASUS ROG Strix G G531GD, Laptop Gaming Auto Ghoib?

ASUS kali ini menghadirkan sesuatu yang sangat berbeda, dan bisa jadi akan membuat laptop gaming yang satu ini menjadi ghoib.

Ada banyak jenis dan merek laptop gaming di pasar Indonesia saat ini, bahkan di antaranya merupakan laptop gaming dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, laptop gaming dengan harga terjangkau biasanya tidak dilengkapi dengan fitur layaknya laptop gaming premium.

Laptop gaming tersebut seringkali hadir dengan desain dan fitur yang “tidak istimewa”, mengingat hal tersebut biasanya hanya hadir untuk laptop gaming premium yang harganya lebih mahal. Namun ASUS kali ini menghadirkan sesuatu yang sangat berbeda, dan bisa jadi akan membuat laptop gaming yang satu ini menjadi ghoib. Sama seperti seri Zenfone Max Pro M1 dan M2 series yang sempat kasus karena punya spesifikasi dan performa yang bagus, tapi harganya murah dan sangat dicari pengguna.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Skor kamera Asus Zenfone 6 saingi Xiaomi Mi 9

Asus buka tabir laptop ringkas andalannya di Indonesia

Asus resmi perkenalkan ProArt PA32UCG, 4K dukung HDR 1600


Adalah ASUS ROG Strix G531GD, laptop gaming yang kita maksud. Alih-alih mengikuti arus seperti produsen laptop lainnya, ASUS menghadirkan laptop gaming ini di harga terjangkau namun tetap mempertahankan desain dan fitur premium yang diusung oleh laptop ROG lainnya.

Beberapa fitur premium seperti sistem pendinginan ROG Intelligent Cooling, dukungan ROG lighting, dan dukungan ROG Armoury Crate membuat ROG Strix G G531GD tampil sangat berbeda dibandingkan laptop gaming sekelasnya. ROG Strix G G531GD bahkan menggunakan desain yang terinspirasi oleh hasil kerjasama antara tim ROG dengan BMW Designworks Group.

Desain dan Fitur Premium

ROG Strix G G531GD merupakan salah satu laptop gaming yang desainnya terinspirasi oleh hasil kerjasama antara tim ROG dengan BMW Designworks Group. Laptop gaming ini menggabungkan bentuk dan fungsi dengan 3D Flow Zone yang menawarkan sistem pendinginan canggih. Bagian penutup atasnya juga mengadopsi desain finishing seperti goresan kuas yang kontras, sementara aksen cut-out asimetris di bagian belakang bodinya memastikan aliran udara yang lebih lancar.

Salah satu desain yang paling unik terdapat pada bagian engsel di laptop gaming ini. Tidak seperti laptop gaming lain di kelasnya, ROG Strix G G531GD memiliki desain engsel khusus yang dapat tersembunyi ketika layer ditutup. Tidak hanya lebih elegan, desain tersebut juga lebih kokoh dan menghadirkan rongga udara ekstra untuk pendinginan yang lebih optimal.

Bagi Anda yang suka dengan desain gemerlap, ROG Strix G G531GD juga dilengkapi dengan RGB LED yang mengelilingi bagian bawah bodinya. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan mode tampilan dan warnanya melalui aplikasi Armoury Crate yang sudah tersedia di laptop gaming ini.

Desain premium lainnya yang dibawa ke dalam laptop ini adalah mekanisme pada keyboard-nya. Keyboard pada ROG Strix G G531GD sudah dilengkapi dengan sistem anti-ghosting melalui teknologi N-Key Rollover. Selain itu, setiap tombol juga dirancang lebih nyaman agar penggunanya dapat bermain game lebih lama, serta memiliki ketahanan hingga lebih dari 20 juta kali tekan.

Agar Pengalaman bermain lebih maksimal, ROG Strix G G531GD dilengkapi dengan sistem audio berteknologi SmartAmp. Teknologi tersebut tidak hanya mampu menghasilkan suara yang lebih baik ketika bermain game, tetapi juga dapat memantau aktivitas penggunaan sehingga komponen audio tidak mudah rusak atau terganggu oleh factor lainnya seperti suhu, dan lain-lain.

Sistem Pendingin Khusus yang Lebih Baik

ASUS ROG Strix G G531GD mengadopsi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling terbaru yang dilengkapi dengan berbagai teknologi eksklusif. Pertama adalah 3D Flow Zone Design, yaitu desain bodi khusus yang diadopsi oleh ROG Strix G G531GD. Desain tersebut menghadirkan lebih banyak ventilasi udara agar aliran udara dan sistem pendinginan berjalan lebih optimal.

Kedua adalah teknologi Anti-Dust Cooling yang sudah dipatenkan. Teknologi tersebut menghadirkan terowongan pembuangan khusus untuk debu dan partikel besar sehingga tidak tersangkut di dalam sistem pendinginan. Teknologi ini membuat pengguna ROG Strix G G531GD tidak perlu khawatir dengan masalah tersumbatnya saluran udara pada sistem pendingin.

Ketiga adalah penggunaan kipas dan heatsink khusus. ROG Strix G G531GD menggunakan dua kipas N-Blade yang juga telah dipatenkan. Kipas tersebut memiliki bilah yang jumlahnya lebih banyak dan membuat aliran udara lebih kencang. Sementara heatsink pada lapto gaming ini memiliki sirip (fin) yang sangat tipis. Dengan demikian, panas dapat didistribusikan dan dibuang secara lebih optimal.

Dibekali Prosesor Generasi Terbaru

ROG Strix G G531GD merupakan salah satu laptop ROG yang menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core, yaitu Intel Core i5-9300H. Prosesor dengan konfigurasi 4 core 8 thread tersebut mampu dipacu hingga 4,10Ghz. Prosesor ini juga menggunakan arsitektur Intel terbaru dengan pemrosesan 14nm, sehingga tidak hanya kencang namun juga lebih hemat daya dibandingkan dengan prosesor Intel generasi sebelumnya.

Tidak hanya dari segi prosesor, ROG Strix G G531GD dibekali dengan memori DDR4 yang berjalan di frekuensi 2666MHz, lebih kencang dari laptop sekelasnya. Penggunaan memori yang lebih kencang ini memastikan minimum framerate di dalam game yang lebih baik.

Hasil benchmark sintesis juga menunjukkan ROG Strix G G531GD memiliki performa CPU yang sangat mumpuni untuk bermain game. Sementara GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 cukup baik untuk menjalankan berbagai game eSport dengan lancar, serta game AAA secara cukup baik pada pengaturan grafis menengah. Berikut adalah hasil benchmark sintesis dari laptop gaming ini.

Port Lengkap Untuk Kebutuhan Gaming

Salah satu hal yang sangat penting di sebuah laptop gaming adalah ketersediaan port sehingga gamer dapat menghubungkan berbagai perangkat ke ROG Strix G G531GD. Selain USB 3.1 Type-A, ASUS juga menyediakan port USB 3.1 Type-C di laptop gaming ini, sehingga Anda tetap dapat menghubungkan perangkat terbaru yang telah mengadopsi USB Type-C.

Selain itu, terdapat juga port HDMI dan combo audio jack untuk menghubungkan perangkat display tambahan serta audio. ROG Strix G G531GD telah dilengkapi port ethernet untuk Anda yang tidak ingin sesi bermain game terganggu oleh latency. Bagi Anda yang lebih suka menggunakan koneksi wireless, ROG Strix G G531GD juga dibekali dengan Gigabit WiFi Intel 802.11ac (2x2) terbaru yang dilengkapi dengan teknologi RangeBoost.

Menariknya, seluruh port ditempatkan di sebelah kiri bodi laptop gaming ini. Hal tersebut bertujuan agar gamer lebih leluasa ketika menggunakan mouse yang seringkali ditempatkan di sebelah kanan laptop. Sementara port daya yang terhubung ke adapter ditempatkan di bagian belakang agar tidak menghalangi port lainnya, khususnya port USB yang paling sering digunakan.

Teknologi ROG RangeBoost memastikan sinyal Wi-Fi yang mungkin paling stabil. Algoritma RangeBoost yang unik mengevaluasi kekuatan sinyal dari empat antena internal dan memilih pasangan terbaik untuk digunakan di lokasi Anda, meminimalkan titik mati dan meningkatkan jangkauan nirkabel hingga 30%.

Harga Terjangkau

Nah, ini yang diduga akan membuat ROG Strix G G531GD menjadi laptop auto ghoib. Asal tahu saja, ia merupakan salah satu laptop gaming ROG dengan harga paling terjangkau yang pernah ada. Dengan seluruh fitur dan keunggulan yang telah dijabarkan sebelumnya, laptop gaming ini dibanderol seharga Rp14.299.000. Spesifikasi lengkapnya dapat dilihat di tabel berikut ini.

Main Spec.

ASUS ROG Strix G G531GD

CPU: 9th Gen Intel Core i5-9300H Processor Quad Core (8M Cache, up to 4.1GHz)

Operating System: Windows 10

Memory: 8GB DDR4 2666MHz SDRAM

Storage: 1TB SSHD

Display: 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 60Hz

Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1050 4GB GDDR5 VRAM

Input/Output: 3 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI

Camera: Optional

Connectivity: Wi-Fi 5(802.11ac) 2*2 + Bluetooth 5.0

Audio: 2 x 4W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone

Battery: 48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension: 360 (W) x 275 (D) x 24.9 (H) mm (15-inch model)

Weight: 2,57Kg (15-inch model)

Colors: Black

Price: Rp14.299.000

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Intel NVIDIA ASUS ROG
Editor :
Tek ID