Computex 2019

Asus luncurkan jajaran motherboard X570

Asus meluncurkan lima kategori motherboard sekaligus. Mulai dari ROG Crosshair, ROG Strix, TUF Gaming, Prime, dan Pro mendapatkan pembaruan X570.

AMD baru saja memperkenalkan dua prosesor Ryzen Seri 3000 mereka, yakni Ryzen 7 3700X, Ryzen 7 3800X dan Ryzen 9 3900X. Menyambut kehadiran prosesor Ryzen dengan basis arsitektur Zen 2 7nm tersebut, beberapa produsen motherboard meluncurkan produk mereka dengan chipset terbaru AMD, yakni X570.

Salah satunya adalah Asus. Dalam sebuah acara konferensi pers produk terbarunya, mereka memperkenalkan jajaran motherboard mereka.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Skor kamera Asus Zenfone 6 saingi Xiaomi Mi 9

Asus buka tabir laptop ringkas andalannya di Indonesia

Asus resmi perkenalkan ProArt PA32UCG, 4K dukung HDR 1600


Untuk X570, mereka meluncurkan lima kategori motherboard sekaligus. Mulai dari ROG Crosshair, ROG Strix, TUF Gaming, Prime, dan Pro mendapatkan pembaruan X570.

Di kasta teratas, Asus mempersiapkan ROG Crosshair VIII Impact. Uniknya, desain yang dimiliki oleh motherboard ini adalah Mini-DTX. Ukuran dari motherboard ini sedikit lebih panjang dari Mini-ITX, namun tetap memiliki spacing yang sama.

Selain itu, motherboard ini juga unik karena biasanya seri Impact merupakan seri motherboard ATX yang super besar dan digunakan para overclocker untuk menorehkan rekor dunia.

Ada juga Crosshair VIII Formula. Motherboard ini dipersenjatai dengan metal backplate. Ada beberapa fungsi dari metal backplate ini, yakni sebagai structural integrity dan pemanis desain.

Sedangkan Crosshair Hero akan hadir dengan beberapa upgrade baru, yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya.

Beralih ke seri ROG Strix, ada varian ROG Strix X570-E Gaming, ROG Strix X570-F Gaming, dan ROG Strix X570-I Gaming. Lini ini ditujukan bagi para gamer yang ingin mendapatkan fitur-fitur kelas atas, namun tidak selengkap untuk profesional.

Bagi mereka yang ingin memiliki motherboard gaming terjangkau, ada TUF Gaming X570-Plus. Mereka baru mengumumkan satu motherboard TUF saja, namun kedepannya diharapkan ada banyak seri TUF lainnya.

Terakhir, untuk kelas Prime dan Pro ada tiga tipe yang tergabung pada kedua lini tersebut. Untuk Prime, ada Prime X570 Pro serta Prime X570 P. Sedangkan untuk seri Pro, ada PRO WS X570 ACE.

Lantas, teknologi baru apa yang dibawa oleh chipset X570? Salah satunya adalah dibawanya teknologi PCIe 4.0 ke platform mereka. Ini pertama kalinya AMD mengalahkan Intel di sisi fitur motherboard setelah belasan tahun.

Peningkatan yang akan didapatkan pengguna adalah kecepatan transfer PCIe 4.0 yang tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, mencapai kecepatan hingga 7.8GBps untuk M.2 SSD 4 lane.

Hingga saat ini masih belum diketahui kapan mereka akan meluncurkan jajaran motherboard ini secara resmi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: