sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 29 Sep 2022 08:49 WIB

ASUS boyong 4 motherboard baru, sambut kehadiran Ryzen 7000 series di Indonesia

Untuk menyambut kehadiran jajaran prosesor baru AMD, yakni Ryzen 7000 series di Indonesia, ASUS memperkenalkan empat motherboard baru.

ASUS boyong 4 motherboard baru, sambut kehadiran Ryzen 7000 series di Indonesia

AMD baru saja meluncurkan jajaran prosesor Ryzen 7000 series di Indonesia. Untuk menyambut kehadiran jajaran prosesor ini, ASUS turut memperkenalkan lima motherboard, dari untuk entry level hingga untuk profesional.

"ASUS tahu berbagai kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. Namun kami juga tahu setiap pengguna ingin platform yang bisa diandalkan di setiap kesempatan. Maka dari itu, kami merilis sederet motherboard terbaik untuk para gamer, enthusiast, profesional, ataupun pengguna yang tak ingin kompromi dengan PC kesayangannya. Inilah persembahan terbaik kami untuk fans setia ASUS dan AMD di Indonesia,” ujar Business Development Manager / Country Leader ASUS Indonesia, Kris Ardianto.

Rencananya, akan ada 10 varian motherboard ASUS X670E yang akan dirilis di Indonesia. Namun, untuk awal ini, mereka akan meluncurkan 4 varian saja, yang ditujukan untuk entry level hingga untuk profesional.

ROG Crosshair X670E Hero

ROG Crosshair X670E Hero adalah salah satu seri tertinggi dari jajaran motherboard X670E besutan ASUS. Motherboard yang dibekali dengan 4 slot DDR5 DIMM (Dual Channel Mode), 5 slot M.2 untuk SSD NVMe (2 di antaranya mendukung PCIe 5.0 x4), 2 buah slot PCIe 5.0 x16, 9 slot USB 3.2, Wi-Fi 6E, Bluetooth v5.2, ini tak hanya cocok untuk para gamer tapi juga para enthusiast yang ingin platform terbaik untuk menemani seri Ryzen 7000.

Agar memastikan PC kesayangan Anda tak terganggu untuk urusan daya listrik, meski dalam kondisi ekstrim sekalipun, Crosshair X670E Hero memiliki 22 Power Stage dengan 110A dan Extreme VRM.

Untuk membuat tampilannya kian garang, Crosshair X670E Hero juga dibekali dengan Polymo Lighting di bagian pendingin Power Phase-nya. Buat para pengguna enthusiast, Crosshair X670E Hero juga dilengkapi dengan tombol Clear CMOS dan BIOS FlashBack di bagian back npanel untuk memudahkan Anda bereksperimen memacu PC agar kian kencang.

Di motherboard yang satu ini, ada juga fitur unggulan yang bernama Dynamic OC Switcher. Dengan prosesor AMD, ada 2 jenis overclocking yang bisa dilakukan dengan mudah. Opsi pertama adalah dengan manual OC untuk meningkatkan Multi Thread Performance (seperti saat rendering video ataupun pekerjaan berat lainnya). 

Sedangkan opsi overclocking kedua adalah lewat fitur AMD PBO (Precision Boost Overdrive) yang lebih efektif untuk meningkatkan Single Thread Performance (misalnya, saat sedang bermain game). 

Dynamic OC Switcher mengizinkan motherboard Anda untuk berganti-ganti mode overclocking secara otomatis sesuai dengan beban yang sedang dikerjakan.

ROG Strix X670E-E GAMING WIFI

Seri ROG Strix sudah menjadi favorit di banyak komunitas gamer karena selalu dapat diandalkan untuk bermain game, streaming, ataupun overclocking. Di generasi terbaru ini, ROG Strix X670E-E GAMING WIFI menyuguhkan Power Stage Design 18+2 dengan 110A dan dilengkapi dengan kapasitas berkualitas terbaik untuk memastikan PC Anda terjauhkan dari berbagai masalah daya dan kelistrikan.

ROG Strix X670E-E GAMING WIFI juga mendukung sampai 4 drive PCIe NVMe SSD (3 Gen 5 dan 1 Gen 4), 2 slot PCIe Gen 5 x16, dan 10 slot USB 3.2 Gen 2. Tidak lupa juga, untuk koneksi nirkabel, motherboard ini juga sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 6E. 

Selain Dynamic OC Switcher yang tadi juga ada di ROG Crosshair X670E Hero, di dalam motherboard jawara yang satu ini, ASUS juga memasukkan sekumpulan fitur yang diberi nama Q-Design. Salah satu fitur Q-Design adalah Q-LED yang akan membantu para perakit PC mendiagnosa masalah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Ada juga fitur tombol Q-Release yang membantu Anda melepas kartu grafis dengan mudah dan cepat, hanya dengan satu sentuhan. Selain itu, Q-Latch akan memungkinkan Anda memasang dan melepas drive M.2 hanya dengan satu jari saja.

ProArt X670E-CREATOR WIFI

Seri ProArt dibuat untuk para kreator yang ingin menciptakan mahakarya. Ambisi tersebut memang bukan tugas yang mudah. Karenanya, ASUS ProArt X670E-CREATOR WIFI juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan agar para kreator dapat terus berkarya tanpa harus dipusingkan dengan sejumlah kendala teknis.

Motherboard ini dibekali dengan VRM heatsink andal yang dapat menjaga suhu agar tetap dingin meski digunakan berjam-jam dan Power Stage 16+2 (70A) untuk menjamin kelancaran daya meski sedang menangani beban berat sekalipun. Konektivitas yang kaya dan beragam menjadi salah keunikan ProArt X670E-CREATOR WIFI, karena para konten kreator biasanya butuh banyak perangkat untuk menunjang ide inspiratif dan kreatifnya masing-masing.

Motherboard ini dilengkapi dengan 3 kelas slot High-Speed USB, yaitu 40Gbps, 20Gbps, dan 10Gbps (masing-masing 2 slot, di bagian back panel). Selain itu, di lokasi yang sama, ProArt X670E-CREATOR WIFI juga menawarkan 3 slot USB Type-C. Untuk koneksi jaringan nirkabel, Anda punya 2 opsi di sini, yaitu Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2. Sedangkan untuk jaringan dengan kabel, ada dua slot LAN yang disediakan, LAN 10Gbps dan 2,5Gbps.

Selain itu tadi, motherboard dengan tampilan bersih dan elegan ini juga dilengkapi dengan 2 slot PCIe Gen 5 dan 4 slot M.2 (2 slot untuk M.2 Gen 5). Fitur Q-Design yang sebelumnya juga ada di motherboard ini.

TUF Gaming X670E-Plus WIFI

Buat para pengguna dengan anggaran yang lebih terbatas namun tetap ingin motherboard yang selalu bisa diandalkan di segala kondisi, seri TUF Gaming bisa jadi jawaban terbaiknya. TUF Gaming X670E-Plus WIFI dibekali dengan 14+2 Power Stage Design (70A) untuk memastikan suplai daya yang stabil terjaga meski terus bermain game semalaman. 

Desain motherboard TUF Gaming juga elegan dengan dominasi warna monochrome, yang cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan warna-warni RGB. Meski demikian, bagi mereka yang suka dengan gemerlap lampu, motherboard ini dibekali dengan 3 aRGB header dengan aksen lampu di ujung kanan bawah motherboard. 

Selain dibekali dengan fitur Q-Design, solusi pendinginan yang optimal dengan VRM heatsink lebar berbahan alumunium dan desain yang cepat menyebarkan panas, seri TUF Gaming kali ini juga dilengkapi dengan fitur audio ASUS Two Way AiNoise Cancelling dan DTS Audio juga.

Motherboard ini juga dibekali dengan 1 slot PCIe 5.0 x16, 4 slot M.2, 4 slot USB 3.2 Gen 2, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.2.

Share
×
tekid
back to top