sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 02 Mei 2020 04:52 WIB

ARM gratiskan desain chip untuk startup

Sementara langkah dermawan dari ARM tersebut adalah hal yang sangat positif bagi industri chipset, ini juga merupakan metode bagi perusahaan itu agar mampu bersaing dengan kompetitor seperti RISC-V.

ARM gratiskan desain chip untuk startup
Source: Pexels

Baru-baru ini ARM mengumumkan mereka akan menyediakan berbagai perusahaan startup pembuat prosesor dengan akses tanpa biaya untuk desain chip yang paling banyak digunakan. Perusahaan pencipta basis semikonduktor terkenal itu menawarkan cara itu demi memajukan inovasi di antara para startup chipset yang menghadapi biaya tinggi.

Sementara langkah dermawan dari ARM tersebut adalah hal yang sangat positif bagi industri chipset, ini juga merupakan metode bagi perusahaan itu agar mampu bersaing dengan kompetitor seperti RISC-V. Dilansir dari Gizmochina (2/5), kompetitor tersebut adalah arsitektur sumber terbuka (open source) yang telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini dan telah mulai mempengaruhi pasar. Dengan kata lain, pemain yang relatif baru di industri desain chip.

ARM Flexible Acees for Startups akan memberi perusahaan yang baru berdiri akses ke portofolio properti intelektual, tools, pelatihan, dan lainnya. Selanjutnya, ARM akan menawarkan dukungan penuh dalam eksperimen awal, desain dan bahkan bantuan dalam purwarupa silikon chip. Sebelumnya, pelanggan ARM harus membayar biaya lisensi atau royalti untuk menggunakan desain yang digunakan pada chip mereka sendiri.

Menurut ARM, program baru ini berpotensi menurunkan risiko dan mempercepat waktu mencapai pasar dalam 6 hingga 12 bulan. Perusahaan ini juga bermitra dengan Silicon Catalyst, yang merupakan spesialis dalam startup silikon, untuk menawarkan kepada para anggota akses gratis ke semua IP ARM, design tool, dan purwarupa lainnya. Sekali lagi, langkah ini kemungkinan merupakan respons terhadap RISC-V, yang menumbuhkan dukungan bebas royalti terbuka untuk arsitektur chip.

Share
back to top