sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Jumat, 08 Mei 2020 13:08 WIB

Apple Watch dominasi peningkatan jumlah pengiriman smartwatch di Q1 2020

Pada Q1 2020, terdapat 7,6 juta unit Apple Watch dikirimkan. Jumlah ini mengalami peningkatan 23% dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 6,2 juta unit.

Apple Watch dominasi peningkatan jumlah pengiriman smartwatch di Q1 2020
Source: Apple

Menurut laporan dari Strategy Analytics, penjualan online yang kuat dipastikan akan meningkatkan pertumbuhan pengiriman ke seluruh dunia pada smartwatch dalam tiga bulan terakhir, terlepas dari krisis pandemi yang sedang terjadi. Pengiriman meningkat 20% di kuartal pertama yang mencapai 13,7 juta unit, naik 2,3 juta unit dari kuartal sebelumnya. Peningkatan ini didominasi oleh Apple Watch yang bertahan di posisi teratas pangsa pasar 55%, diikuti oleh Samsung, dan Garmin yang naik ke posisi ke tiga.

Pada Q1 2020, terdapat 7,6 juta unit Apple Watch dikirimkan. Jumlah ini mengalami peningkatan 23% dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 6,2 juta unit. Sementara pada pangsanya naik tipis dari 54% menjadi 55%.

Di samping itu, Samsung yang ada di posisi kedua mengirimkan 1,9 juta unit smartwatch, sedangkan tahun lalu mengirimkan 1,7 juta. Namun, pangsa pasarnya menurun dari 15% menjadi 14%. Hal ini disebabkan karena krisis kesehatan di Korea Selatan serta persaingan kuat dengan pesaingnya, Garmin.

Tahun lalu, Garmin mencatat 800.000 unit dikirimkan, lalu pada tahun ini terdapat 1,1 juta unit. Ini tentunya mengalami peningkatan sebesar 38% dari tahun sebelumnya dan pertumbuhan pangsa pasar juga terjadi dari 7% menjadi 8%.

“Pengiriman jam tangan pintar global tumbuh 20 persen setiap tahun dari 11,4 juta unit pada Q1 2019 menjadi 13,7 juta pada Q1 2020. Meskipun ada banyak tantangan dari ketakutan Covid-19, permintaan global untuk jam tangan pintar terus tumbuh. Smartwatch terjual dengan baik melalui saluran ritel online, sementara banyak konsumen telah menggunakan smartwatch untuk memantau kesehatan dan kebugaran mereka selama penguncian virus," kata Steven Waltzer, Senior Analyst, Strategy Analytics.

Strategy Analytics memprediksi, peningkatan pada kuartal ke dua tahun 2020 akan melambat seiring pemulihan pada toko-toko ritel yang dibuka kembali di paruh kedua tahun ini dan konsumen menggunakan smartwatch untuk membantu memantau kesehatan mereka.

Diketahui, Apple akan meluncurkan Apple Watch Sereis 6 yang diperkirakan rilis pada musim gugur tahun ini. Apple Watch Series 6 kabarnya akan membawa fitur kesehatan yang lebih banyak, termasuk pelacakan tingkat oksigen dalam darah, sleep tracking, dan aplikasi kebugaran baru.

Share
back to top