sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 07 Jun 2023 09:49 WIB

Apple umumkan macOS 14 Sonoma, punya widget interaktif, game mode, dan banyak lagi

Apple telah secara resmi mengumumkan sistem operasi macOS 14. Ini menghadirkan widget yang disempurnakan dan game mode.

Apple umumkan macOS 14 Sonoma, punya widget interaktif, game mode, dan banyak lagi

Apple telah mengumumkan macOS 14 Sonoma, sistem operasi terbaru untuk Mac. Pengumuman ini dilakukan selama WWDC 2023 bersama dengan iOS 17, dan watchOS 10. Update ini menghadirkan serangkaian fitur baru yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan gaming.

Salah satu fitur utama adalah widget interaktif, yang memungkinkan pengguna menempatkan dan berinteraksi dengan widget secara langsung di desktop. Dilansir dari Gizmochina (7/6), fitur ini menghadirkan ekosistem widget iPhone ke Mac dan memungkinkan pengguna melakukan tugas tanpa membuka aplikasi tertentu.

Pengalaman konferensi video juga ditingkatkan di Sonoma, dengan fitur seperti Presenter Overlay, Reactions, dan Screen Sharing Picker yang ditingkatkan untuk berbagi konten tanpa hambatan selama panggilan video. Safari, browser web default, juga menerima pembaruan, termasuk fitur privasi yang ditingkatkan, pengaturan profil untuk browsing, dan kemampuan membuat aplikasi web untuk akses cepat ke situs favorit.

Untuk meningkatkan pengalaman visual, Sonoma memperkenalkan screen saver baru yang menampilkan video gerak lambat dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Performa gaming juga dioptimalkan, menawarkan performa grafis yang lebih baik dengan Apple Silicon, toolkit porting game untuk pengembangan dan porting yang lebih mudah, dan pengenalan Game Mode untuk peningkatan performa, frekuensi gambar, dan pengurangan latensi.

Untuk para profesional, Sonoma memungkinkan alur kerja hybrid dan jarak jauh dengan mode kinerja tinggi di aplikasi Screen Sharing, memungkinkan akses jarak jauh latensi rendah ke alur kerja profesional dengan dukungan hingga dua layar virtual.

Selain itu, Sonoma menghadirkan berbagai peningkatan aksesibilitas, seperti konektivitas dengan perangkat dengar Made for iPhone, Live Speech untuk mengetik dan menyuarakan pikiran, saran fonetik untuk dikte, dan opsi penyesuaian untuk pengguna dengan disabilitas visual dan kognitif.

Fitur penting lainnya termasuk fungsionalitas PDF yang ditingkatkan, aktivasi Siri dengan perintah suara, manajemen kata sandi yang disempurnakan dengan iCloud Keychain, aplikasi Messages dan Reminder yang ditingkatkan, fitur keyboard yang ditingkatkan, dan tindakan privasi dan keamanan tambahan seperti Communication Safety dan Sensitive Content Warning.

Pengembang dapat segera mengakses versi beta macOS Sonoma, dengan beta publik yang akan hadir bulan depan. Versi final akan tersedia sebagai unduhan gratis untuk semua pengguna di musim gugur.

Share
×
tekid
back to top