Apple tunda peluncuran iPhone 5G hingga 2025

Apple tidak dapat mengembangkan modem 5G iPhone sendiri hingga tahun 2025 karena hubungan rumit dengan Intel dan Qualcomm.

Apple tunda peluncuran iPhone 5G hingga 2025 Source: lowyat.net

Setelah beberapa developer smartphone berencana untuk meluncurkan perangkat 5G mereka tahun ini. Apple tampaknya belum siap dan berisiko tertinggal. Menurut laporan dari The Information, Apple kemungkinan tidak akan memiliki modem 5G yang dikembangkan sendiri untuk enam tahun ke depan.

Dilansir dari Hypebeast (16/5), Diklaim Apple tidak dapat mengembangkan modem 5G sendiri untuk iPhone hingga tahun 2025 mendatang karena memiliki hubungan yang rumit dengan Intel dan Qualcomm.


BACA JUGA

Imbas perang dagang Amerika dan China, Apple alihkan produksi iPad dan MacBook ke Indonesia

Apple luncurkan MacBook Pro 2019, harganya mulai dari Rp26 juta

Ide Apple Card sudah ada sejak 2004


Sementara itu, Intel menjadi satu-satunya mitra Apple untuk modem 5G. Tapi Intel diketahui hanya bekerja dengan proses pengembangan teknologi untuk Apple. Sedangkan Qualcomm memiliki hubungan yang kurang baik dengan Apple.

Mengingat Apple dan Qualcomm telah pergi ke pengadilan atas biaya lisensi, yang dianggap Apple bertentangan dengan undang-undang anti-trust. Hingga akhirnya kedua perusahaan raksasa tersebut menyelesaikan perkara mereka melalui pengadilan.

Dua perusahaan ini juga telah mencapai kesepakatan baru dengan Qualcomm untuk menyediakan chip 5G untuk Apple. Perjanjian tersebut memungkinkan Apple untuk merilis iPhone 5G setelah tahun 2020 mendatang. Hal ini juga mempengaruhi Intel untuk memutuskan hubungan dengan Apple dan keluar dari industri modem 5G secara bersamaan.

Di sisi lain, Apple juga diketahui telah mengurangi banyak insinyur dan developer untuk memproduksi komponen internal bagi perangkatnya. Hal ini diklaim dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: