sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Senin, 02 Apr 2018 16:45 WIB

Apple tambahkan dukungan GPU eksternal untuk Mac

Fitur ini mungkin tidak terlalu membawa pengaruh banyak, tetapi merupakan sebuah perubahan besar untuk pada editor video profesional.

Apple tambahkan dukungan GPU eksternal untuk Mac

Bersamaan dengan pembaruan besar yang terjadi iOS 11.3 beberapa hari yang lalu, Apple diam-diam mengeluarkan pembaruan untuk macOS High Sierra. Penyertaan dalam update baru (versi 10.13.4) tersebut adalah sejumlah perbaikan yang lebih dapat diandalkan, seperti penambahan ikon privasi baru, manajemen data, fungsi tambahan pengurutan untuk bookmark di Safari, dan beragam perbaikan bug serta peningkatan stabilitas. Jadi, jika Anda tidak melihat change log, mungkin telah melewatkan seputar dukungan GPU eksternal baru yang bakal hadir ke macOS.

Fitur ini mungkin tidak terlalu membawa pengaruh banyak, tetapi merupakan sebuah perubahan besar untuk pada editor video profesional dan pengembang VR, yang kini dapat meningkatkan performa sistem grafis dengan memasang kartu grafis sendiri, ketimbang mengganti seluruh komputer. Lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk melakukan render berarti lebih banyak waktu untuk mengkreasi sesuatu yang baru.

Saat ini, Mac dengan kartu grafis diskrit termurah adalah Rp17 juta pada iMac berukuran 21,5 inci. Sementara itu, jika Anda mencari sesuatu yang lebih portabel, MacBook dengan GPU berkualitas adalah Rp32 juta pada MacBook Pro berukuran 15 inci, dengan baik iMac dan MacBook Pro memiliki dukungan GPU Radeon Pro 555 generasi terbaru serta vRAM 2 GB. Jika Anda menginginkan Mac dengan kinerja lebih unggul, pilihan jatuh di iMac Pro dengan banderol harga mulai dari Rp68 juta.

Kemampuan untuk menghubungkan GPU ke perangkat dengan hanya menggunakan satu kabel juga dapat membantu agar perangkat awet muda, karena seringkali komponen seperti CPU dan layar masih sangat dapat diandalkan. Namun, yang harus diperhatikan adalah bahwa sistem Anda harus memiliki sekurang-kurangnya satu port Thunderbolt.

Oleh karena itu, fitur ini bisa berdampak besar pada gim berbasis Mac, yang telah lama tertinggal jauh di belakang PC. Bagaimanapun, kemudahan untuk meningkatkan performa grafis memang merupakan hal yang baik. Demikian dilansir dari Gizmodo.

Share
×
tekid
back to top