sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 16 Des 2021 14:30 WIB

Apple sumbang lebih dari 25% pendapatan TSMC

Intel bukan bagian dari 10 besar untuk produsen chip itu dan berada di peringkat kesebelas dengan pangsa 0,84% saja.

Apple sumbang lebih dari 25% pendapatan TSMC
Source: Bloomberg. Digitimes

Sebuah laporan baru telah mengungkap 10 kontributor pendapatan teratas TSMC. Grafik tersebut mengungkapkan bahwa Apple adalah sumber pendapatan utama bagi perusahaan manufaktur semikonduktor tersebut, menyumbang lebih dari 25% dari pendapatan. Tidak ada perusahaan lain yang mendekati angka tersebut.

Sebuah data yang berasal dari Bloomberg dan Digitimes mengungkapkan bahwa Apple, MediaTek, AMD, Qualcomm, Broadcom, Nvidia, Sony, Marvell, STM, dan ADI merupakan 10 pelanggan teratas dalam urutan. Namun, Apple terus menjadi kontributor teratas, dimana MediaTek meraih posisi kedua dengan pangsa hanya 5,8%.

Dilansir dari Gizmochina (16/12), Intel bukan bagian dari 10 besar untuk produsen chip itu dan berada di peringkat kesebelas dengan pangsa 0,84% saja. Namun, ini mungkin akan segera berubah, karena CEO baru Intel, Pat Gelsinger, baru-baru ini mengunjungi Taiwan untuk bertemu dengan mitra rantai pasokan penting, termasuk TSMC.

Intel sedang berupaya mengamankan rantai pasokan dan kolaborasi dengan TSMC sangat penting untuk keberhasilannya. Ini terutama karena saingannya AMD dan Nvidia telah menggunakan layanan TSMC untuk mendapatkan biaya dan kinerja yang lebih baik.

Kolaborasi tersebut kabarnya akan berlangsung setidaknya hingga era 2nm setelah tahun 2025. Bagi TSMC, Intel berpeluang menjadi tiga besar pelanggan setelah tahun 2023 dan menjadi salah satu sumber keuntungan utama.

Tag
Share
×
tekid
back to top