Apple bakal sematkan sensor gas dan jaringan 5G di Apple Watch

Apple kabarnya akan menyematkan dukungan koneksi 5G dan sensor gas untuk Apple Watch di masa depan. Hal itu terungkap melalui sebuah paten baru yang diajukan Apple.

Apple bakal sematkan sensor gas dan jaringan 5G di Apple Watch Source: Google

Apple kedapatan mengajukan paten baru untuk Apple Watch generasi selanjutnya. Dalam paten tersebut, Apple Watch bakal hadir dengan dua pembaruan, yakni koneksi 5G dan sensor gas. 

Untuk diketahui, sejauh ini Apple Watch sudah mendukung koneksi jaringan LTE. Dengan adanya paten ini, Apple Watch suatu saat nanti akan mendukung jaringan 5G. Sebenarnya ini bukan wacana baru. Pasalnya Apple pernah menyatakan akan menghadirkan perangkat iPhone 5G pada 2020 mendatang.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Paten baru ungkap Apple berencana bikin cincin pintar

Setengah dari perangkat iPhone sudah jalankan iOS 13

Apple iOS 13 mengirimkan beberapa data ke Tencent


Dilansir dari PatentlyApple (24/8), sensor gas juga akan disematkan dalam Apple Watch. Sensor ini lebih dikenal sebagai MOX (metal oxide) gas sensor. MOX ini akan berguna untuk mendeteksi kualitas udara di sekitar pengguna Apple Watch. 

Apple memposisikan Apple Watch sebagai sebuah perangkat kesehatan. Maka tidak heran jika Apple punya rencana untuk menyematkan sensor ini. Idealnya, Apple Watch akan memberitahu pengguna jika udara di sekitarnya mengandung polusi. Kemudian pengguna Apple Watch bisa saja memakai masker ketika bepergian. 

Sensor ini merupakan salah satu teknologi yang paling menjanjikan untuk diintegrasikan pada perangkat elektronik. Pasalnya, MOX sensor memiliki ukuran yang kecil, konsumsi daya rendah, memiliki kompatibilitas dengan proses fabrikasi semikonduktor dan arsitektur yang terbilang sederhana. 

Namun ada risiko dibalik pemasangannya. Keracunan bahan kimia dan material sensor yang tidak aktif dapat menyebabkan penyimpangan. Hal itu bisa terjadi pada ketahanan dasar maupun sensitivitas sensor tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: