sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 07 Jun 2023 07:24 WIB

Apple rilis Mac Pro baru, harga mulai Rp104 juta

Saat acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 Apple secara resmi meluncurkan Mac Pro terbaru dengan performa sangat tinggi.

Apple rilis Mac Pro baru, harga mulai Rp104 juta

Saat Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, Apple memperkenalkan versi terbaru Mac Pro bersama Mac Studio, yang menampilkan M2 Ultra Chip mutakhir. Peningkatan signifikan ini menjanjikan kecepatan hingga tiga kali lipat dari model berbasis Intel sebelumnya, menegaskan kembali komitmen Apple untuk mendorong batasan kinerja.

Mac Pro baru menawarkan CPU 24 core yang mengesankan, GPU 76 core opsional, dan peningkatan substansial dalam memori dan kapasitas penyimpanan SSD. Khususnya, pengguna dapat mengonfigurasi Mac Pro dengan memori 192 GB, disertai dengan bandwidth memori terpadu sangat cepat sebesar 800 GB/s.

Salah satu fitur menonjol dari Mac Pro adalah kemampuan pemrosesan videonya yang luar biasa. Dengan kekuatan tujuh kartu Afterburner bawaan, perangkat ini dapat menangani 22 pemutaran video 8K ProRes yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dilansir dari Gizmochina (7/6), Mac Pro juga mendukung pemrosesan simultan hingga 24 feed kamera 4K, memungkinkan encoding real-time ke ProRes menggunakan enam kartu video I/O—kemajuan signifikan bagi para profesional yang bekerja dengan konten beresolusi tinggi.

Untuk memenuhi beragam kebutuhan pengguna, Apple telah mengintegrasikan slot ekspansi PCIe ke dalam Mac Pro, menawarkan total tujuh slot, dengan enam mendukung standar gen 4 yang lebih cepat. Kemampuan ekspansi ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan Mac Pro mereka dengan menambahkan kartu esensial untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Sisi konektivitas juga mendapat peningkatan, dengan Mac Pro baru yang dilengkapi dengan delapan port Thunderbolt 4—dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Selain itu, ini mendukung hingga enam Pro Display XDR, sekaligus menawarkan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3.

Dalam hal port fisik lainnya, Mac Pro menyertakan tiga port USB-A, dua port HDMI bandwidth tinggi yang mendukung resolusi hingga 8K dan frame rate 240 Hz, dua port Ethernet 10 Gb untuk jaringan cepat, dan jack headphone.

Untuk harga dan ketersediaan, Apple menawarkan dua opsi: Mac Pro Tower Enclosure mulai dari $6.999 (Rp104 juta), dan Mac Pro Rack Enclosure mulai dari $7.499 (Rp111,6 juta).

Share
×
tekid
back to top