sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Selasa, 11 Jun 2024 18:02 WIB

Apple rilis fitur rekam dan transkripsi panggilan di iOS 18

Aplikasi Telepon di iPhone akan dilengkapi tombol khusus untuk merekam percakapan dan pihak lain yang terlibat dalam panggilan akan menerima notifikasi bahwa panggilan sedang direkam.

Apple rilis fitur rekam dan transkripsi panggilan di iOS 18

Apple kembali membuat gebrakan dengan merilis fitur terbaru di iOS 18 yang memungkinkan pengguna iPhone untuk merekam, mentranskripsi, dan mendapatkan ringkasan percakapan telepon. Fitur ini diumumkan oleh Craig Federighi, Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple, dalam ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) (11/6).

Dengan pembaruan ini, aplikasi Telepon di iPhone akan dilengkapi tombol khusus untuk merekam percakapan. Saat tombol ini ditekan, pihak lain yang terlibat dalam panggilan akan menerima notifikasi bahwa panggilan sedang direkam. Pengguna diingatkan untuk mematuhi hukum setempat yang mengatur tentang persetujuan rekaman.

Proses transkripsi dilakukan secara real-time dan hasilnya dapat diakses melalui aplikasi Notes. Lebih lanjut, pengguna dapat memperoleh ringkasan otomatis dari percakapan tersebut yang dibuat oleh sistem kecerdasan buatan Apple, Apple Intelligence. Fitur ini mendukung beberapa bahasa termasuk Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Jepang, Mandarin, Kanton, dan Portugis.

Namun, detail lebih lanjut mengenai fitur ini masih menjadi tanda tanya. Federighi hanya mengulasnya selama 30 detik dalam presentasi, sehingga belum jelas apakah fitur ini terbatas pada panggilan antar pengguna iPhone, atau bisa digunakan dengan perangkat lain. Apple diharapkan memberikan klarifikasi sebelum peluncuran versi final iOS 18 pada September mendatang.

Versi beta iOS 18 kini sudah tersedia bagi pengembang dan diharapkan akan segera tersedia untuk publik bulan depan. Bagi pengguna yang ingin menjadi yang pertama mencoba fitur ini, bergabung dalam program beta bisa menjadi pilihan. Namun, mengingat versi beta biasanya mengandung bug, menunggu rilis final mungkin merupakan pilihan yang lebih aman.

Fitur baru ini tidak hanya menawarkan kemampuan untuk merekam dan mentranskripsi panggilan, tetapi juga menyajikan ringkasan percakapan yang dapat membantu pengguna mengingat poin-poin penting. Ini tentunya menjadi tambahan yang sangat berguna bagi produktivitas pengguna iPhone.

Tag
Share
×
tekid
back to top