sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Rabu, 11 Nov 2020 09:21 WIB

Apple resmi luncurkan prosesor Apple Silicon pertama M1

Prosesor Apple Silicon pertama, M1 akan memiliki 16 core, dimana 8 core untuk CPU dan 8 core lain untuk GPU yang didasarkan ARM 5nm.

Apple resmi luncurkan prosesor Apple Silicon pertama M1
Apple M1

Apple baru saja selesai mengadakan acara One More Thing. Dalam acara ini, seperti dalam bocoran yang ramai di internet, mereka memperkenalkan prosesor Apple Silicon pertama mereka dan beberapa perangkat Macintosh pertama yang menggunakan prosesor tersebut.

Hal pertama yang mereka umumkan adalah prosesor Apple Silicon, yang diberi nama M1. Para pengguna akan mendapatkan sebuah CPU dengan 8 core dan GPU dengan 8 core, dengan total 16 core di dalam prosesor tersebut.

Yang menarik, Apple mengklaim bahwa di dalam prosesor tersebut, pengguna akan mendapatkan 16 miliar transistor. Hal ini dikarenakan prosesor ini menggunakan teknologi fabrikasi 5nm, seperti di jajaran A14 Bionic.

Apple mengatakan bahwa fokus utama mereka adalah efisiensi. Mereka menggunakan teknologi ‘Unified Memory Architecture', yang berarti RAM, CPU, dan GPU dapat digunakan bersama yang memungkinkan pengurangan konsumsi daya.

Seperti di prosesor berbasis ARM lainnya, 4 core dikonfigurasi menggunakan core irit daya dan 4 lagi adalah core dengan performa tercepat yang juga menawarkan performa CPU per watt terbaik. 

Untuk menghemat daya, tak semua core di GPU dan CPU akan selalu aktif secara bersamaan. Saat menjalankan tugas ringan, yang bekerja hanya beberapa core saja, dan saat melakukan tugas berat, seperti rendering dan lainnya, barulah semua core akan aktif.

Tak ketinggalan, M1 juga memiliki Neural Engine 16 inti dengan Secure Enklave untuk mengisolasi info keamanan. Teknologi tersebut akan membuat mesin menjalankan perangkat yang lebih aman.

Terakhir, untuk konektivitas, Apple berhasil memasukkan protokol Thunderbolt melalui USB 4.0. Tapi, jangan berharap untuk mendapatkan Thunderbolt 4, karena melalui protokol USB 4.0, pengguna hanya akan mendapatkan Thunderbolt 3 saja.

Share
×
tekid
back to top