Apple punya solusi pengisian nirkabel untuk mobil listrik

Apple, yang sebelumnya dikabarkan tertarik untuk membuat mobil listrik, kini menawarkan solusi pengisian nirkabel untuk mobil listrik melalui sebuah paten.

Apple punya solusi pengisian nirkabel untuk mobil listrik Source: Google

Teknologi mobil listrik saat ini sudah semakin ramai. Sejumlah manufaktur pun sudah mengumumkan akan menghadirkan mobil listrik mereka sendiri, setidaknya dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Saat ini bahkan sudah ada mobil listrik yang tersedia untuk digunakan. 

Perlu diketahui, layaknya perangkat listrik lainnya, mobil listrik juga menggunakan baterai. Baterai ini perlu diisi ulang agar mobil dapat kembali digunakan. Saat ini, dibutuhkan stasiun pengisian daya untuk melakukannya. Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika penggunaan mobil listrik sudah semakin banyak. 


BACA JUGA

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Apple Card bakal rilis dalam waktu dekat

Bukan hanya kehilangan Face ID, iPhone 2021 tidak akan pakai LCD


Dilansir dari Ubergizmo (12/7), Apple nampaknya memiliki ide untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi yang ditawarkan Apple adalah pengisian nirkabel, atau yang lebih dikenal dengan wireless charging. Perusahaan teknologi ini pun mengajukan paten untuk memperlihatkan konsep pengisian nirkabelnya. Dengan ini, secara teori, mobil listrik yang sedang diparkir dapat diisi dayanya tanpa harus mengandalkan stasiun pengisian daya konvensional. Konsep pengisian nirkabel pun membuat tempat parkir mobil listrik harus disertai dengan teknologi yang mendukung. 

Sudah bukan rahasia kalau Apple yang selama ini akrab sebagai pembuat iPhone, iPad dan Mac mulai melirik industri mobil listrik. Untuk itu, Apple pernah dikabarkan merekrut mantan petinggi Tesla untuk membuat mobil listrik. Isu awalnya, Apple hanya akan membuat sistem mobil otonom. Namun belakangan terungkap bahwa perusahaan ini juga berniat menghadirkan mobil listrik. 

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari Apple terkait paten pengisian nirkabel itu, demikian juga dengan mobil listriknya. Belum diketahui apakah paten ini akan hadir pada produk aktual Apple atau hanya sebatas konsep saja. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: