sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 23 Agst 2022 08:30 WIB

Apple pesan chip 3 nm dari TSMC, tetapi bukan untuk iPhone 14

Apple dikatakan siap memesan prosesor dengan basis fabrikasi 3 nm dari perusahaan chip asal Taiwan, TSMC. Prosesor ini akan memiliki efisiensi tinggi dan performa lebih baik.

Apple pesan chip 3 nm dari TSMC, tetapi bukan untuk iPhone 14

Produsen chip canggih terkemuka,TSMC, akan mulai mengirimkan pesanan chip 3 nm, di mana Apple menjadi pelanggan pertamanya. Namun, tampaknya prosesor canggih ini tidak akan disiapkan untuk seri iPhone 14 mendatang.

Apple merupakan pelanggan terbesar dari produsen chip asal Taiwan tersebut. Sebagai informasi, seri iPhone 14 akan tiba dengan chipset A16 Bionic berbasis 4 nm untuk model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sedangkan varian dasar dan Max akan tiba dengan chipset A15 Bionic berbasis 5 nm yang saat ini digunakan pada seri iPhone 13.

Dilansir dari Gizmochina (23/8), chip 3 nm baru yang dipesan Apple pada dasarnya adalah untuk chipset PC generasi berikutnya, yaitu prosesor M2 Pro. Ini adalah chip berbasis proses 3 nm pertama yang akan dikirimkan oleh perusahaan tersebut, dengan iPhone bertenaga chip 3 nm pertama kemungkinan adalah seri iPhone 15 yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Secara sederhana, lompatan dalam basis fabrikasi juga berarti bahwa chip generasi berikutnya tersebut akan lebih unggul serta hemat energi karena memiliki jumlah transistor yang lebih tinggi dalam chip. Berdasarkan apa yang dikatakan TSMC, chip FinFET 3 nm akan mengurangi konsumsi energi sebesar 35 hingga 30 persen sekaligus meningkatkan daya sebesar 10 hingga 15 persen dibandingkan dengan chip berbasis FinFET gen 5 nm sebelumnya.

Share
×
tekid
back to top