Apple pertimbangkan produksi iPhone di luar China

Raksasa teknologi tersebut juga kabarnya sudah meminta pemasok utama iPhone untuk mempertimbangkan biaya pemindahan

Apple pertimbangkan produksi iPhone di luar China (Foto: PressFrom)

Apple dilaporkan tengah mempertimbangkan pemindahan produksi iPhone di luar China antara 15% hingga 30%. Raksasa teknologi tersebut juga kabarnya sudah meminta pemasok utama iPhone untuk mempertimbangkan biaya pemindahan produksi tersebut. Laporan Nikkei menyebutkan langkah ini dilakukan Apple akibat memanasnya perdagangan Amerika Serikat (AS) dan China.

Mei lalu China mengatakan akan menerapkan tarif 25% untuk barang-barang AS, sebagai balasan rencana Donald Trump yang akan meningkatkan tarif produk-produk yang diimpor dari Tiongkok. Para analis memprediksi biaya iPhone akan meningkat hingga 14%, meski CEO Apple Tim Cook bulan ini mengatakan dirinya tidak mengharapkan hal tersebut terjadi.


BACA JUGA

Apple akan perkenalkan SiriOS pada WWDC 2020

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Apple Card bakal rilis dalam waktu dekat


"Orang China belum menargetkan Apple sama sekali, dan sejujurnya saya tidak mengantisipasi hal itu. Saya berharap hal itu tidak terjadi. Kenyataannya adalah iPhone dibuat di mana-mana. Jadi tarif pada iPhone akan melukai semua negara itu," kata Cook.

Akibat memanasnya perdagangan AS-China, harga iPhone akan lebih mahal karena peningkatan tarif yang diberlakukan. Menurut beberapa sumber yang dikutip Nikkei, Appe ingin mengurangi ketergantungan pada China, khususnya untuk iPhone. 

"Dengan atau tanpa putaran final dan tarif USD300 miliar, Apple mengikuti tren besar (diversifikasi produk)," kata salah satu sumber. 

Sementara itu menurut Bloomberg, mitra manufaktur Apple Taiwan - Foxconn mampu membuat iPhone yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar Apple AS di luar Cina. Kepala divisi semikonduktor Foxconn, Young Liu, kabarnya berkata kepada investor awal bulan ini bahwa 25% dari kapasitas produksinya berada di luar daratan. Terkait laporan pemindahan produksi sendiri, Apple belum memberikan komentar. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: