sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Kamis, 28 Mar 2024 08:58 WIB

Apple pertimbangkan Ernie Bot untuk AI di iPhone 16

Raksasa teknologi Apple sedang dalam pembicaraan dengan raksasa internet Tiongkok Baidu untuk mengintegrasikan Ernie Bot milik Baidu.

Apple pertimbangkan Ernie Bot untuk AI di iPhone 16

Raksasa teknologi Apple sedang dalam pembicaraan dengan raksasa internet Tiongkok Baidu untuk mengintegrasikan Ernie Bot milik Baidu, sebuah model bahasa besar (LLM), ke dalam iPhone 16 dan produk lainnya yang khusus untuk pasar Tiongkok. Dilansir dari Gizmochina (28/3), langkah ini dilakukan di tengah upaya Apple untuk mematuhi peraturan Tiongkok yang lebih ketat mengenai konten yang dihasilkan kecerdasan buatan (AI).

Laporan tersebut menunjukkan Apple akan memanfaatkan Ernie Bot untuk sistem operasi iOS 18 dan Mac OS di Tiongkok. Apple dilaporkan berdiskusi dengan perusahaan Tiongkok lainnya seperti Alibaba dan perusahaan AI yang berafiliasi dengan Universitas Tsinghua sebelum memilih Baidu.

Apple kemungkinan akan tetap menggunakan model AI internalnya atau Google Gemini di luar Tiongkok, tetapi memilih solusi yang dikembangkan secara lokal di Tiongkok daratan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan Tiongkok.

Berita ini muncul setelah kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Tiongkok, di mana ia menegaskan kembali komitmen Apple terhadap pasar dan bertemu dengan pemasok utama. Tim Cook memuji pemasok Tiongkok atas langkah mereka menuju netralitas karbon.

Cook mengumumkan rencana untuk memperluas pusat penelitian Apple di Shanghai dan mendirikan laboratorium penelitian terapan baru di Shenzhen. Fokus terhadap Tiongkok ini terjadi karena penjualan iPhone di sana telah merosot 24% dibandingkan tahun lalu, yang kemungkinan besar disebabkan oleh persaingan terutama dari Huawei.

Potensi kemitraan ini sejalan dengan strategi Samsung. Samsung menggunakan Google Gemini AI secara global tetapi memasukkan Ernie buatan Baidu ke dalam seri Galaxy S24 terbarunya di Tiongkok untuk fitur “Circle to Search”.

Namun, baik Apple dan Baidu menghadapi tantangan regulasi yang semakin besar. Tiongkok telah menetapkan peraturan terperinci yang mengatur layanan AI generatif dalam negeri, memastikan kepatuhan terhadap konten yang disetujui pemerintah.

Berita tentang potensi kemitraan Apple-Baidu membuat saham Baidu melonjak sebesar 6% di Hong Kong. Para analis melihat hal ini sebagai potensi kemenangan bagi Baidu, tidak hanya untuk branding Ernie Bot-nya, namun juga untuk mempercepat upaya monetisasi AI dan mendapatkan keunggulan dibandingkan pesaing Tiongkok.

Apple juga secara resmi mengumumkan tanggal acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, yang akan berlangsung secara virtual mulai 10 hingga 14 Juni. Perusahaan ini diperkirakan akan mengumumkan iOS 18 dengan fitur AI generatif.

Ada juga spekulasi bahwa Apple mungkin meluncurkan AI App Store di WWDC 2024, yang berpotensi mewakili perubahan dalam strategi AI-nya dengan menawarkan platform untuk berbagai aplikasi AI dari pengembang berbeda, termasuk Siri yang ditingkatkan dan penawaran dari pesaing seperti Google dan Baidu.

Share
×
tekid
back to top