Apple patenkan teknologi pengisian nirkabel di komputer Mac

Di masa depan, perangkat komputer Mac akan dapat melakukan pengisian nirkabel secara otomatis ke perangkat Apple lainnya.

Apple patenkan teknologi pengisian nirkabel di komputer Mac Apple Watch (Pixabay)

Saat ini, perangkat milik Apple sebagian besar sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya nirkabel. Artinya, para pengguna perangkat tersebut dapat mengisi daya tanpa harus mencolokkan kabel secara langsung ke sumber listrik. Meski begitu, teknologi nirkbel masih perlu alat pengisian daya khusus.

Untuk meminimalisir kerepotan tersebut, kabarnya Apple mendaftarkan sebuah paten teknologi baru. Apple ingin perangkat komputer Mac mereka dapat mengisi daya perangkat Apple lain lewat teknologi nirkabel. Ubergizmo (24/3) melaporkan, hal ini akan membuat pengguna bisa mengisi daya dengan lebih mudah.


BACA JUGA

Apple sanjung Qualcomm, sebut mereka sebagai perusahaan terbaik

Apple incar pemasok sensor lidar demi proyek mobil otonom

Apple kian serius hijaukan Bumi


Seperti dapat Anda lihat dari gambar di atas, sensor pengisian daya nirkabel tersebut masih memiliki ruang transmisi yang sangat kecil. Meski demikian, ruang ini cukup besar untuk sekedar mengisi daya keyboard atau mouse berteknologi pengisian daya nirkabel.

Teknologi yang mereka gunakan adalah menggunakan gelombang frekuensi radio. Selama keyboard dan mouse berada dalam jangkauan komputer, perangkat tersebut akan terus mengisi daya.

Hal ini sebenarnya bukan upaya pertama Apple untuk mencoba menemukan ide pengisian daya secara nirkabel. Perusahaan tersebut sebelumnya telah mematenkan sebuah ide dimana mereka dapat membangun pengisian nirkabel ke laptop mereka. Nantinya laptop Apple dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone, iPad, atau Apple Watch.

Sayangnya karena ini hanya paten, tidak ada yang tahu apakah teknologi ini akan menjadi kenyataan atau tidak. Yang pasti, Apple akan segera meluncurkan sebuah tikar pengisian daya secara nirkabel yang bernama AirPower.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: