sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Rabu, 04 Sep 2019 11:20 WIB

Apple patenkan sensor biometrik baru untuk Apple Watch

Apple kedapatan mengajukan paten sensor biometrik baru untuk Apple Watch. Sensor ini akan membaca tekstur kulit penggunanya.

Apple patenkan sensor biometrik baru untuk Apple Watch
Source: Google

Apple tampaknya akan membawa perangkat Apple Watch selangkah lebih maju lagi. Kabarnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan memberikan cara otentikasi baru pada smartwatch-nya. Nantinya pengguna dapat melakukan otentikasi model baru dengan menggunakan tekstur kulit. 

Sebagaimana diketahui, otentikasi ini mutlak diperlukan ketika pengguna ingin melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay. Kendati begitu, metode lawas dengan Apple Watch ini punya masalah tersendiri. Ketika pengguna melepas smartwatch dan menyalakannya kembali, mereka harus melakukan otentikasi kembali. 

Namun Apple dilaporkan menawarkan solusi baru untuk mengidentifikasi pengguna. Dalam sebuah paten yang diajukan Apple, tampaknya perusahaan ini akan menyematkan sensor biometrik ke strap Apple Watch. Sensor ini akan mengidentifikasi dan mengotentikasi pengguna berdasarkan tekstur kulit mereka, seperti dilaporkan oleh Ubergizmo. 

Deskripsi paten itu menyebutkan begini: “Secara lebih khusus, retakan pada tekstur kulit secara umum lebih hangat ketimbang permukaan kulit lainnya, dan rambutnya lebih dingin ketimbang permukaan kulit di sekitarnya. Dengan menggunakan sensor gambar termal IR sebagai sensor biometrik di pergelangan tangan, rambut dapat dibedakan suhunya dari retakan pada tekstur kulit.” 

Otentikasi model baru ini akan menawarkan beberapa kemudahan bagi pengguna Apple Watch. Setidaknya, hal ini akan mengurangi ketergantungan Apple Watch pada perangkat Apple. Konsep independensi Apple Watch sebenarnya sudah dimulai sejak perusahan tersebut memberikan dukungan LTE di dalamnya. 

Ini bukanlah pertama kalinya Apple mencoba bereksperimen dengan smartwatch. Sebelumnya paten Apple juga menunjukkan kalau pihaknya sedang berusaha menempatkan kamera pada Apple Watch. 

Namun lagi-lagi, semua itu baru sebatas paten belaka. Belum diketahui apakah Apple akan menyematkan biometrik ini pada Apple Watch di masa depan. 

Share
back to top