sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Minggu, 21 Mei 2023 06:04 WIB

Apple larang gunakan ChatGPT untuk karyawannya

Apple telah melarang penggunaan ChatGPT di tempat kerja. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Apple untuk mencegah pemaparan data rahasia.

Apple larang gunakan ChatGPT untuk karyawannya

Mengikuti jejak Samsung, JP Morgan, Goldman Sachs, dan perusahaan besar lainnya, Apple kini telah memutuskan untuk melarang penggunaan chatbot berbasis AI seperti ChatGPT, Bard, dan Bing di antara tenaga kerjanya. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Apple untuk mencegah pemaparan data rahasia secara tidak sengaja dan juga bertepatan dengan rencananya untuk membangun teknologi serupa secara internal.

Dilansir dari Gizmochina (21/5), Apple juga telah memperingatkan karyawannya agar tidak menggunakan Microsoft Copilot, perangkat lunak yang membantu penulisan kode perangkat lunak. Larangan tersebut muncul di tengah kekhawatiran tentang bagaimana chatbot AI ini, seperti ChatGPT, menangani data pengguna. Platform ini memiliki basis pengguna gabungan ratusan juta, dan cara mereka menggunakan data pengguna untuk melatih AI telah menjadi perhatian yang signifikan.

Awal tahun ini, sebuah bug ditemukan di ChatGPT, memungkinkan beberapa pengguna untuk melihat judul riwayat obrolan dari pengguna lain. Ini mendorong OpenAI, pengembang ChatGPT, untuk sementara menarik layanan offline.

Menyusul masalah privasi ini, OpenAI memperkenalkan opsi bagi pengguna untuk menonaktifkan riwayat obrolan, yang akan mencegah model AI melatih data mereka. Terlepas dari langkah ini, perusahaan seperti Apple tidak yakin dan memilih untuk membatasi penggunaan chatbot ini.

Samsung juga mengambil sikap serupa, melarang karyawannya menggunakan chatbot AI seperti ChatGPT setelah kode sumber dilaporkan dibagikan bersama alat tersebut. Perusahaan ini dilaporkan sedang mengembangkan alat AI-nya dan telah menginstruksikan karyawan untuk tidak memberikan informasi perusahaan atau pribadi apa pun dengan chatbot pihak ketiga.

Tanggapan Apple tampaknya mengembangkan alternatif untuk ChatGPT. Di bawah kepemimpinan mantan karyawan Google John Giannandrea, sekarang menjadi wakil presiden senior di Apple, perusahaan tersebut dilaporkan mengembangkan model bahasanya yang besar. Perkembangan ini diisyaratkan selama panggilan pendapatan Apple baru-baru ini, di mana CEO Tim Cook menyuarakan keprihatinannya tentang kemajuan AI generatif, menekankan perlunya pendekatan yang hati-hati dan bijaksana.

Share
×
tekid
back to top