sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 25 Jan 2022 17:58 WIB

Apple kembangkan headset VR 8K

Headset virtual reality (VR) dari Apple dikatakan akan mendukung layar beresolusi tinggi 8K dan menampung dua prosesor.

Apple kembangkan headset VR 8K

Baru-baru ini, Li Nan, salah satu pendiri dan mantan Wakil Presiden Meizu, membagikan berita menarik terkait produk Apple yang akan datang. Li Nan menyatakan bahwa pabrikan iPhone tersebut sedang mengerjakan sebuah kacamata 8K baru.

Mantan eksekutif pabrikan ponsel Tiongkok itu memberikan informasi tersebut di akun Weibo resminya (situs web microblogging Tiongkok). Dalam postingan media sosial tersebut, Li Nan membagikan berita ini untuk meyakinkan mereka yang masih ragu tentang Metaverse. Dengan kata lain, produk dari Apple ini akan menjadi headset VR/AR yang memungkinkan pengguna memasuki metaverse. Sayangnya, dia menahan diri untuk tidak mengungkapkan detail lain yang lebih baik mengenai masalah ini.

Dilansir dari Gizmochina (25/1), meski demikian ini sejalan dengan laporan sebelumnya yang menyatakan bahwa Apple sedang mengerjakan headset VR pertamanya yang akan segera diluncurkan. Awalnya, diyakini bahwa headset akan diluncurkan akhir tahun ini, tetapi rumor terbaru mengisyaratkan jadwal rilis yang tertunda pada tahun 2023.

Tampaknya, headset VR dari Apple akan menampilkan performa yang cocok dengan M1 Mac dan juga akan menggunakan USB Type-C 96W yang sama dengan MacBook 14 inci. Sekarang, mantan pejabat Meizu Meizu itu juga mengisyaratkan dukungan resolusi 8K natif.

Analis terkenal Ming-Chi Kuo menyatakan bahwa headset Apple akan menampung dua prosesor, salah satunya adalah chipset berbasis 5nm sementara yang lain adalah chipset berbasis 4nm yang lebih kecil. Kedua prosesor ini akan diproduksi oleh pembuat chip terbesar di dunia, TSMC.

Chipset kelas atas akan menawarkan daya komputasi yang menyaingi chip M1 di Mac baru, sedangkan prosesor kelas lbih bawah akan didedikasikan untuk berbagai sensor dan komponen terkait headset. Ini diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun depan, jadi mungkin ada beberapa pembaruan yang lebih mendetail.

Share
×
tekid
back to top