sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Rabu, 16 Sep 2020 01:36 WIB

Sah! Apple jadi yang pertama luncurkan prosesor 5nm

Apple baru saja memperkenalkan prosesor terbaru mereka, yakni A14 Bionic yang menggunakan teknologi fabrikasi 5nm.

Sah! Apple jadi yang pertama luncurkan prosesor 5nm
Apple A14 Bionic

Apple baru saja mengungkapkan kehadiran beberapa perangkat baru mereka kepada para penggemarnya. Mereka memperkenalkan Apple Watch Series 6 beserta Apple Watch SE, dan juga iPad 8th Gen dan iPad Air generasi terbaru.

Tapi, yang paling menarik dari acara kali ini adalah diperkenalkannya prosesor baru untuk iPad Air generasi terbaru, yakni A14 Bionic. Prosesor ini didasarkan teknologi fabrikasi 5nm, menjadikan Apple sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan prosesor dengan teknologi tersebut.

Prosesor ini akan tetap mengusung desain 6 core didalamnya. 4 diantaranya merupakan high efficiency core dan 2 high performance core. Tak ketinggalan, mereka tetap menyematkan 4 core GPU didalamnya.

Apple mengklaim, dengan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm, mereka dapat memasukkan total 11,8 miliar transistor didalamnya. Jumlah ini meningkat 40 persen jika dibandingkan dengan A13 Bionic.

A14 Bionic ini juga sudah menggunakan teknologi 16 core Neural Engine didalamnya. 11 triliun operation per detik. 2 kali jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak ketinggalan, ada juga teknologi Machine Learning Accelerator di dalam prosesor ini.

Namun, bagaimana dengan performanya? Perusahaan asal Cupertino tersebut mengklaim bahwa akan ada peningkatan performa CPU sebesar 40 persen dan peningkatan GPU 30 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.

Tak ketinggalan, Apple juga menyebut prosesor ini akan memiliki performa yang lebih besar jika dibandingkan dengan laptop yang ada saat ini. Mereka mengklaim GPU yang ada di A14 Bionic ini 2 kali lebih bertenaga dari GPU terintegrasi lainnya.

Sayangnya, Apple masih belum menampilkan banyak informasi lain terkait A14 bionic ini. Kita harus menunggu hingga bulan depan untuk melihat bagaimana perbedaan performa dari A14 Bionic dengan pendahulunya.

Share
×
img
×
tekid
back to top