sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Selasa, 04 Jun 2024 15:06 WIB

Mirip Samsung, Apple iOS 18 bisa hapus objek di gambar berkat AI

Mengikuti Google, Samsung, Huawei, dan banyak OEM Android lainnya yang sudah mulai menawarkan banyak fitur berbasis AI di ponsel flagship.

Mirip Samsung, Apple iOS 18 bisa hapus objek di gambar berkat AI
Source: 9to5mac

Mengikuti Google, Samsung, Huawei, dan banyak OEM Android lainnya yang sudah mulai menawarkan banyak fitur berbasis AI di ponsel flagship, Apple akhirnya dapat menambahkan beberapa fitur AI pada perangkat (on-device) dan berbasis cloud ke iOS 18 untuk seri iPhone 16.

Kabarnya, inti dari strategi AI Apple untuk iOS 18, yang dikenal sebagai Project Greymatter, mencakup serangkaian fitur AI yang akan diintegrasikan perusahaan ke seluruh aplikasi dan layanan intinya seperti Safari, Notes, dan Foto.

Dilansir dari Gizmochina (6/4), selain fitur peringkasan notifikasi yang disebut 'Greymatter Catch Up' yang memungkinkan pengguna mendengarkan ringkasan notifikasi terkini melalui Siri, akan ada fitur baru lainnya seperti pengeditan foto yang didukung AI dan banyak lagi.

Sebelumnya memang ada kabar kemungkinan penambahan kedua fitur tersebut. Namun sekarang kita mengetahui lebih banyak tentang cara kerja fitur pengeditan foto. Apple dilaporkan telah mengembangkan fitur penghapus objek baru, di mana AI generatif mengenali, menghapus objek yang tidak diinginkan, dan mengisi area tersebut dengan konten buatan AI yang secara mengejutkan cocok dengan lingkungannya. Kedengarannya mirip dengan apa yang telah kita lihat pada perangkat Pixel, Galaxy, dan Huawei.

Kabarnya, Apple telah mengembangkan “aplikasi internal” yang disebut Generative Playground yang memungkinkan pengguna merasakan fitur pengeditan foto bertenaga AI yang disebutkan di atas. Itu bisa diintegrasikan ke dalam iMessage untuk kemudahan berbagi. iOS 18 juga memungkinkan pengguna membuat emoji yang dipersonalisasi.

iOS 18 juga akan menawarkan kemampuan pembuatan respons otomatis berdasarkan LLM yang cukup cerdas untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti nama, acara kalender, lokasi, waktu, dan banyak lagi. Siri juga sedang menjalani pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas text-to-speech untuk hasil yang lebih alami dan lancar serta pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Aplikasi Notes juga akan mendapatkan peningkatan besar dengan iOS 18 dan macOS 15 untuk menawarkan kemampuan AI generatif berbasis teks seperti konversi dan ringkasan text-to-speech. Berbicara tentang kasus penggunaan praktis, pengguna akan dapat merekam audio langsung dari aplikasi catatan, mengubahnya menjadi teks, dan meringkasnya. Mengakses informasi dari seluruh rapat atau perkuliahan akhirnya menjadi mudah untuk iPhone.

Share
×
tekid
back to top