Apple gunakan AR untuk membantu pengguna melihat lebih baik

Dalam sebuah paten, terungkap bahwa Apple menggunakan teknologi Augmented Reality untuk membantu seseorang dengan keterbatasan penglihatan.

Apple gunakan AR untuk membantu pengguna melihat lebih baik Source: Unsplash

Setelah Augmented Reality telah terkenal digunakan dalam AR Emojis atau aplikasi serupa lainnya, di mana objek virtual ditempatkan di dunia nyata. Baru-baru ini, Apple kabarnya sedang mengerjakan fitur Augmented Reality yang dapat membantu pengguna kebutuhan parsial untuk dapat melihat lebih baik. 

Ini adalah gambar dari paten Apple yang menggunakan teknologi AR


BACA JUGA

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Apple Card bakal rilis dalam waktu dekat

Bukan hanya kehilangan Face ID, iPhone 2021 tidak akan pakai LCD


Source: Gizmochina

Dilansir dari Gizmochina (11/7), kabarnya paten AR ini telah diajukan oleh Apple di USPTO dengan tujuan untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan penglihatan lewat cara membengkokkan gambar di bidang pandang mereka. 

Pasalnya, diklaim banyak jenis gangguan penglihatan yang disebabkan dari kebutaan sebagian atau terdapat halangan dalam bidang penglihatan seseorang. Jadi orang-orang yang memiliki gangguan tersebut diklaim memiliki floater atau blind spot yang akan menghalangi sebagian dari penglihatan mereka.

Sedangkan paten Apple ini kabarnya akan menggunakan kamera atau sensor gambar untuk menangkap gambar di bidang pandang seseorang. Kemudian teknologi ini akan menentukan bagian terhalang di garis pandang mereka dan membelokkan gambar untuk memberikan gambar lengkap kepada pengguna. 

Ini adalah gambar dari paten Apple yang menggunakan teknologi AR

Source: Gizmochina

Jumlah gambar yang dilengkungkan tersebut juga akan tergantung pada gangguan penglihatan orang tersebut. Misalnya pengguna memiliki penglihatan yang lemah, maka perangkat dapat memperbesar gambar di bidang pandangnya untuk memberikan pandangan yang lebih baik. 

Selain itu, paten tersebut juga mengungkapkan adanya teknologi pelacakan posisi mata. Dengan begitu mereka memastikan teknologi ini akan tetap relevan saat pengguna sedang melihat-lihat di sekitanya. Dalam paten tersebut, Apple juga telah menggunakan perangkat seperti smartphone untuk menunjukkan bagaimana teknologi ini bekerja. 

Namun kabarnya teknologi ini juga dapat diterapkan ke perangkat lain, seperti kacamata pintar. Jadi tampaknya teknologi ini akan dapat dimasukkan ke dalam AR Glasses yang rumornya akan masuk ke pasar dalam beberapa tahun mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: