sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 19 Sep 2020 11:35 WIB

Apple bakal lengkapi perangkatnya dengan Mini-LED sebelum Micro-LED

Tampaknya Apple pertama-tama akan mengadopsi layar Mini-LED dan secara bertahap akan beralih menggunakan panel layar Micro-LED pada produknya.

Apple bakal lengkapi perangkatnya dengan Mini-LED sebelum Micro-LED

Apple diperkirakan bakal beralih ke layar Mini-LED untuk iPad kelas atas serta model MacBook. Ada laporan yang mengatakan bahwa Apple dapat mulai mengadopsi teknologi layar baru tersebut sekitar akhir tahun ini.

Perusahaan tersebut kini telah memiliki paten baru untuk layar Micro-LED yang direncanakan untuk digunakan pada MacBook, iPad, dan Fitness Band di masa mendatang. Awal tahun ini, Apple memiliki paten untuk Fitness band, tetapi tidak ada konfirmasi apakah perusahaan tersebut benar-benar berencana untuk memasuki segmen tersebut.

Tampaknya Apple pertama-tama akan mengadopsi layar Mini-LED dan secara bertahap akan beralih menggunakan panel layar Micro-LED pada produknya. Dilansir dari Gizmochina (19/9), saat ini teknologi Micro-LED sedang menghadapi beberapa masalah dan dengan demikian, adopsi dalam waktu dekat tampaknya tidak mungkin.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa Apple dapat menggunakan panel layar Micro-LED untuk Apple Watch generasi ketujuh. Salah satu raksasa perusahaan tersebut dilaporkan berinvestasi sekitar USD330 juta (Rp4,9 triliun) di perusahaan yang berbasis di Taiwan untuk pabrik Micro-LED yang akan memproduksi layar iPhone, iPad, MacBook, dan perangkat lain di masa mendatang.

Banyak pabrikan yang mencoba mengadopsi layar Micro-LED daripada panel LCD atau OLED karena teknologi baru ini menjanjikan hemat energi dan panelnya juga lebih tipis. Dikatakan bahwa konsumsi daya layar Micro-LED adalah sepersepuluh dibandingkan LCD.

Micro-LED juga mendukung kecerahan dan dynamic range yang lebih tinggi, serta color gamut yang lebih luas. Teknologi ini juga menawarkan refresh rate yang lebih cepat dan sudut pandang lebih luas. Mengingat teknologi tersebut masih dalam tahap pengembangan, kita bisa melihat perangkat dengan layar Mini-LED terlebih dahulu, yang berada di antara LED tradisional dan Micro-LED.

Share
×
tekid
back to top