sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Senin, 25 Mei 2020 15:03 WIB

Apple alihkan produksi Airpods Pro dari Tiongkok ke Vietnam

Apple dikabarkan memindahkan proses pembuatan Airpods Pro dari Tiongkok ke Vietnam karena masalah pandemi dan perang dagang antara AS dan Tiongkok.

Apple alihkan produksi Airpods Pro dari Tiongkok ke Vietnam
Source: Google

Sebuah kabar beredar di Twitter mengatakan kalau pembuatan Apple AirPods Pro sebagian telah dipindahkan ke Vietnam. Dilaporkan oleh The Verge, kabar ini terbukti benar dengan adanya tulisan Made in Vietnam di belakang AirPods Pro yang baru dibeli. Biasanya, di bagian belakang case AirPods Pro berisi pesan yang mengatakan perangkat itu dirakit di Tiongkok.

Airpods Pro dengan tulisan Made in Vietnam

Sebagian besar produk Apple dirakit di Tiongkok. Tetapi perusahaan telah menunjukkan minat untuk melakukan investasi asing yang cukup besar, terutama dari segi manufakturnya. Hal ini juga sebagian disebabkan oleh efek dari pandemi Covid-19 serta perang dagang yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Tiongkok. CEO Tim Cook merasa tertekan dengan peraturan Trump yang membuat Tiongkok memberikan tarif pada beberapa produk dan komponen Apple yang dirakit di negara tersebut. 

Di samping itu, Apple juga telah mulai merakit beberapa model iPhone di India sejak 2017. Pada Februari lalu, Apple mengeluarkan catatan investor yang mengatakan pasokan iPhone di seluruh dunia akan dibatasi sementara karena mitra manufakturnya di Tiongkok menggenjot produksinya kembali di tengah wabah.

Hingga saat ini, Apple belum mengonfirmasi berita tersebut, dan belum ada informasi mengenai berapa persen dari AirPods Pro yang diproduksi di Vietnam atau justru Apple berencana untuk membuat lebih banyak produk di negara tersebut. Namun, The Information melaporkan, mereka berencana untuk menggunakan pabrik-pabrik di Vietnam untuk memproduksi sepasang headphone over-ear yang belum diumumkan, meskipun Apple tampaknya juga akan memproduksi beberapa headphone di Tiongkok.

Share
back to top