Apple akuisisi startup AI baru demi kualitas foto iPhone yang lebih baik

Apple belum mengkonfirmasi akuisisi ini, tetapi Bloomberg mengutip berbagai dokumen dan pengajuan yang mengindikasikan Apple sekarang mengendalikan Spectral.

Apple akuisisi startup AI baru demi kualitas foto iPhone yang lebih baik Source: Apple

Apple dikabarkan baru saja mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) asal Inggris yang mengembangkan teknologi khusus untuk meningkatkan fotografi ponsel. Perusahaan tersebut adalah Spectral Edge, sebagaimana yang dilaporkan oleh Bloomberg. Tetapi sayangnya tidak ada rincian lebih jauh untuk jumlah investasi dari akuisisi ini.

Spectral Edge menggunakan machine learning untuk membuat hasil foto ponsel lebih tajam, dengan warna yang lebih akurat. Ini bekerja terutama dengan mengambil gambar inframerah dan memadukannya dengan foto standar.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple ketahuan punya paten iMac terbaru

iPhone SE dan iPhone 6s akan dapat pembaruan iOS 14

Selamat ulang tahun ke-36, Macintosh!


“Spectral Edge menggabungkan teknologi Image Fusion yang dipatenkan dengan Deep Learning untuk mengungkapkan lebih banyak warna, detail, dan kejelasan dalam gambar apa pun,” kata startup tersebut.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana Apple dapat menerapkan teknologi Spectral Edge di aplikasi Camera dalam iPhone. Apple sudah melakukan sedikit pemrosesan digital agar dapat meningkatkan kualitas gambar dengan hal-hal seperti Smart HDR dan Deep Fusion.

Apple belum mengkonfirmasi akuisisi ini, tetapi Bloomberg mengutip berbagai dokumen dan pengajuan yang mengindikasikan Apple sekarang mengendalikan Spectral. Pengajuan itu juga menunjukkan bahwa pengacara perusahaan Apple, Peter Denwood, diangkat menjadi direktur Spectral, sementara penasihat dan anggota dewan lainnya diberhentikan.

Tidak diketahui berapa banyak Apple membayar untuk Spectral Edge. Sebagai informasi, startup ini telah mengumpulkan dana lebih dari USD5 juta.

Apple telah membuat beberapa akuisisi sepanjang 2019. Pada bulan Februari, Apple membeli startup pemasaran digital Data Tiger. Mungkin yang paling menonjol, Apple mengkonfirmasi akuisisi teknologi mobil otonom Drive.ai pada bulan Juni. Mereka juga sering mengakuisisi perusahaan kecil. Pada Mei lalu, Tim Cook mengatakan bahwa Apple telah mengakuisisi sekitar 25 perusahaan dalam enam bulan sebelumnya. Demikian dilansir dari 9to5mac (13/12).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: