sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Selasa, 03 Nov 2020 13:22 WIB

Apple akan luncurkan MacBook dengan prosesor buatan sendiri bulan ini

Apple menepati janjinya untuk menghadirkan MacBook dengan prosesor yang dikembangkan sendiri berbasis arsitektur ARM.

Apple akan luncurkan MacBook dengan prosesor buatan sendiri bulan ini

Apple tampaknya belum berhenti untuk menghadirkan lini produk baru di sepanjang tahun ini. Baru-baru ini, perusahaan tersebut mengumumkan akan menggelar acara bertajuk “One More Thing” yang akan berlangsung pada 10 November. Dalam acara ini, Apple diprediksi akan mengumumkan chip untuk Mac berbasis arsitektur ARM untuk pertama kalinya. 

Untuk diketahui, Apple pertama kali mengumumkan rencana untuk hijrah dari prosesor Intel dan menggunakan chip sendiri pada Juni lalu. Kala itu, Apple menjanjikan bahwa komputer pertama yang menggunakan arsitektur ARM akan hadir jelang akhir 2020. 

Acara ini diduga kuat akan menghadirkan perangkat Mac baru dengan prosesor seri A, layaknya iPhone saat ini. Setidaknya, ada tiga produk yang diharapkan muncul dalam acara tersebut, yakni MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 inci, dan MacBook Pro 16 inci. Secara tampilan, ketiganya diprediksi tidak akan terlalu berbeda dari pendahulunya. Yang berbeda justru di dalamnya. 

Untuk diketahui, tahun 2005, Apple sempat memutuskan untuk menggunakan prosesor Intel untuk lini produk dekstop dan laptopnya. Perpindahan ke Intel disebutkan karena Apple ingin mendapatkan performa yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih sedikit. Nah, Apple kembali melontarkan alasan yang sama ketika memutuskan untuk bercerai dengan Intel dan menggunakan prosesor buatannya sendiri. 

Dilansir dari TheVerge (3/11), Apple memiliki mimpi besar. Meski sekarang baru berawal dari MacBook, namun Apple tampaknya berambisi untuk menerapkan hal serupa di berbagai lini produknya, dari laptop hingga desktop. 

Bukan hanya meluncurkan MacBook dengan chip buatan sendiri, Apple kabarnya juga akan meluncurkan macOS 11 Big Sur. Sistem operasi ini juga diumumkan saat WWDC Juni lalu dan sudah menjalani masa uji coba beta selama beberapa bulan ini. 
 

Share
×
tekid
back to top