sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Senin, 27 Mei 2024 19:06 WIB

Kesepakatan Apple dan OpenAI non-eksklusif, Apple mungkin akan integrasikan Google Gemini di iOS 18

Raksasa teknologi Apple dikabarkan hampir menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI yang akan menambahkan chatbot AI ChatGPT ke iPhone melalui iOS 18.

Kesepakatan Apple dan OpenAI non-eksklusif, Apple mungkin akan integrasikan Google Gemini di iOS 18

Raksasa teknologi Apple dikabarkan hampir menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI yang akan menambahkan chatbot AI ChatGPT ke iPhone melalui iOS 18. Mark Gurman, Chief Correspondent Bloomberg, mengungkapkan hal ini melalui unggahan di platform X (sebelumnya bernama Twitter) pada Sabtu, 11 Mei 2024. Kesepakatan ini akan memungkinkan penggunaan beberapa fitur ChatGPT dalam iOS 18.

Namun, pembicaraan antara Apple dan Google untuk mengintegrasikan Gemini, chatbot AI milik Google, juga masih berlangsung. Meski belum mencapai kesepakatan, Apple sedang mencari cara untuk memberikan Siri transformasi AI yang akan membuat asisten digital virtual lebih berpengetahuan.

Sementara itu, OpenAI juga tengah mengembangkan asisten digital virtualnya sendiri. Belum jelas apakah pengembangan asisten digital virtual OpenAI akan mengarah pada fitur baru untuk Siri ataukah sebagai pesaing Siri.

Dilansir dari Gizmochina (27/5), Apple juga sedang berdiskusi dengan Google tentang melisensikan Gemini di iOS 18. Namun, belum ada laporan pasti mengenai kesepakatan antara Apple dan Google. Kita mungkin akan mendengar lebih banyak tentang pembicaraan ini di waktu mendatang. Apple sendiri akan memperkenalkan update terbaru pada konferensi tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni 2024. Di sana, kita dapat melihat inisiatif AI untuk iOS 18.

Jadi, tampaknya masa depan asisten digital di iPhone semakin menarik dengan adanya kolaborasi antara Apple, OpenAI, dan kemungkinan integrasi dengan Google Gemini. Mari kita nantikan perkembangan selanjutnya!

Share
×
tekid
back to top