Aplikasi milik Facebook diblokir di Apple App Store

Apple telah melarang aplikasi milik Facebook yang disebut Onavo karena dianggap melanggar atturan mengenai privasi

Aplikasi milik Facebook diblokir di Apple App Store Foto: PCMag

Apple telah melarang aplikasi milik Facebook yang disebut Onavo. Dilaporkan The Wall Street Journal, raksasa teknologi itu menganggap Onavo melanggar kebijakan App Store sehingga menindaknya dari toko aplikasi tersebut.

Dalam sebuah pernyataan kepada TechCrunch  juru bicara Apple menjelaskan alasan dibalik keputusannya menarik Onavo dari App Store.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Indonesia hadapi tantangan keamanan yang semakin meningkat

Hindari berbagi boarding pass di media sosial

Polisi London uji coba sensor pengenal wajah


"Kami bekerja keras untuk melindungi privasi pengguna dan keamanan data di seluruh ekosistem Apple. Dengan pembaruan terbaru untuk pedoman kami, kami membuatnya jelas secara eksplisit bahwa aplikasi tidak boleh mengumpulkan informasi tentang aplikasi lain yang dipasang pada perangkat pengguna untuk keperluan analitik atau iklan/pemasaran dan harus memperjelas apa data pengguna yang akan dikumpulkan serta bagaimana data itu digunakan," demikian pernyataan juru bicara Apple itu.

Meski kini dilarang, ada beberapa hal yang cukup mengherankan yaitu mengapa Onavo bisa bertahan selama ini. Sebagai informasi, Onavo diakuisisi Facebook pada 2013.

Onavo merupakan aplikasi VPN yang menawarkan layanan untuk membuat data pengguna aman serta memblokir situs web yang berpotensi berbahaya, serta mengamankan informasi pengguna. Namun nyatanya Onavo memanen banyak sekali data penggunaan aplikasi ke perusahaan induknya. Ini memungkinkan Facebook mampu mengamati aplikasi mana yang mendapatkan daya tarik dan mana yng gagal.

Dalam deskripsinya Onavo menyandarkan janji untuk melindungi informasi pribadi pengguna sebagaimana VPN lainnya. Akan tetapi tujuan sebenarnya justru tersirat dalam deskripsi itu.

"Onavo mengumpulkan lalu lintas data seluler Anda... Karena kami bagian dari Facebook, kami juga menggunakan info ini untuk meningkatkan produk dan layanan Facebook, mendapatkan wawasan tentang produk dan layanan yang dihargai orang  serta membangun pengalaman yang lebih baik," tulis deskripsi itu.

Pada Februari lalu Onavo telah diunduh oleh lebih dari 33 juta kali di perangkat iOS dan Android. Meski kini aplikasi itu tak lagi muncul di App Store, aplikasi ini masih bertengger di Play Store. Demikian dilansir TechCrunch.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: