sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 08 Mar 2022 12:47 WIB

Mengenal istilah Knox yang ada di Samsung

Samsung Knox adalah kombinasi dari fondasi keamanan yang dibangun dalam perangkat lunak maupun keras dari smartphone Samsung.

Mengenal istilah Knox yang ada di Samsung

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen Samsung pasti sering mendengar istilah Samsung Knox atau "Secured by Knox" yang sering dipasarkan perusahaan sebagai keamanan andalan di perangkatnya. Tapi, tidak semua orang tahu apa itu Samsung Knox.

Berdasarkan laman resminya, Samsung Knox adalah kombinasi dari fondasi keamanan yang dibangun dalam perangkat Samsung. Lebih tepatnya, Knox terdiri dari beberapa lapisan perlindungan dengan keamanan yang diklaim lebih baik. Lapisan ini membantu melindungi pengguna dari eksploitasi data yang diminta suatu aplikasi, sebagaimana Tek.id lansir dari Android Central (8/3).

Knox dibangun ke dalam perangkat lunak sebagian besar smartphone Samsung yang dirilis beberapa tahun terakhir dengan Android. Ponsel mid-range Samsung yang dibekali Knox termasuk seri Galaxy A seperti A52. Ini melindungi hal-hal seperti kata sandi, data biometrik, dan informasi pembayaran di Samsung Wallet.

Tapi tidak hanya itu, untuk smartphone Samsung kelas atas atau high-end, Knox yang disertakan selevel lebih canggih dari yang ada di smartphone mid-range. Ini dikenal dengan Knox Vault.

Apa itu Knox Vault?

Berbeda dengan Knox biasa, Knox Vault mengisolasi perangkat lunak (sistem operasi) maupun perangkat keras dari smartphone Samsung. Knox Vault tersedia di seri Galaxy S baru, antara lain Galaxy S21 dan Galaxy S22 Series 5G. Tablet baru yang juga diumumkan bersama Galaxy S22, yakni Galaxy Tab S8 juga dilengkapi Knox Vault.

Pada Galaxy S22+, sistem operasi (OS) yang terpisah berjalan bersama Android untuk membuat lapisan pemisah lain antara aplikasi dan data. OS ini berjalan pada prosesor Knox Vault, yang dibangun ke dalam SoC utama. Prosesor ini terhubung ke Knox Vault Storage, yang secara fisik diisolasi dari penyimpanan utama ponsel.

Meskipun ini terlihat berlebihan, tujuannya adalah untuk menutupi sebanyak mungkin celah yang berpotensi menerima serangan. Misalnya, jika kerentanan ditemukan di Android, itu tidak akan bisa mengakses Vault Storage. Prosesor Knox juga dapat menangani hal-hal seperti biometrik, jadi tidak perlu mentransfer informasi sensitif untuk memproses pembukaan kunci.

Dari segi perangkat keras, Knox Vault sensitif terhadap serangan fisik dan dapat menghancurkan data jika ada upaya injeksi sinar laser atau kesalahan elektromagnetik. Nah, itu dia pengertian tentang Samsung Knox, bagaimana menurut Sahabat Tek?

Share
×
tekid
back to top