Apa itu Quick Apps di Xiaomi dan bagaimana cara kerjanya?

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Xiaomi memiliki sebuh fitur bernama Quick Apps. Fitur ini sekilas mirip dengan Instant App di Google Play Store.

Apa itu Quick Apps di Xiaomi dan bagaimana cara kerjanya? Source: Xiaomi

Xiaomi menjadi salah satu vendor yang menggempur pasar tanah air dengan beragam produk. Seperti halnya merek ponsel Android di pasar, selain menjalankan sistem operasi Android di dalamnya, Xiaomi juga memberikan MIUI. Ini merupakan ROM hasil modifikasi Xiaomi untuk semua ponsel buatannya. 

ROM inilah yang bertanggung jawab untuk antarmuka, animasi dan sejumlah fitur yang bakal dimiliki smartphone Xiaomi. Saat ini, MIUI sudah memasuki versi ke-11. Xiaomi sendiri sudah membagikan jadwal penerimaan MIUI 11 untuk smartphone buatannya. Hampir semua smartphone Xiaomi akan menerima MIUI 11 sampai akhir tahun ini. Namun tahukah kamu, kalau di dalam MIUI terdapat sebuah aplikasi bernama Quick Apps? 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini bedanya Redmi 8 dengan Redmi 8A

Selain Redmi 8 dan Redmi 8A, Xiaomi luncurkan Mi True Wireless Earbuds

Redmi 8 dan Redmi 8A resmi meluncur. Ini Harganya!


Aplikasi ini awalnya bernama Directs Apps, namun saat ini sudah berganti menjadi Quick Apps. Sedangkan pada laman Get App (toko aplikasi milik Xiaomi), pengguna bisa menemui aplikasi ini dengan nama Quick Application Service Framework. 

 

Lantas apa sebenarnya Quick Apps itu? 

Sesuai dengan namanya, Quick Apps memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses cepat ke sebuah aplikasi. Dalam deskripsinya, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk menggunakan sebuah aplikasi tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. 

Sekilas fungsinya memang sama dengan Instant Apps di Google Play Store. Bedanya, fitur ini hanya akan bekerja di Get Apps. Dengan kata lain, melalui Quick Apps, pengguna Xiaomi dapat menjajal aplikasi di Get Apps. Tentunya pengembang aplikasi itu harus menyediakan dukungan untuk framework ini. 

Sebenarnya bukan hanya itu saja yang menjadi kemampuan Quick Apps di Xiaomi. Jika kita mengakses aplikasi ini dari menu Setting >> System apps settings >> Quick apps >> Performance optimization, aplikasi ini juga akan berguna untuk menganalisa URL yang sering dikunjungi pengguna. Maksudnya, MIUI akan memuat URL tersebut agar pada kunjungan berikutnya, situs yang bersangkutan dapat dikunjungi dengan lebih cepat. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: