sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 05 Des 2022 10:08 WIB

Android TV 13 sebentar lagi resmi dirilis, sudah keluar dari pengujian beta

Sistem operasi televisi pintar (smart TV) buatan Google mendatang, Android 13 telah keluar dari pengujian beta. Versi stabil akan segera meluncur.

Android TV 13 sebentar lagi resmi dirilis, sudah keluar dari pengujian beta
Source: Bullfrag

Sudah dalam hitungan bulan sejak pengujian beta untuk Android TV 13. Tidak seperti ponsel, mendapatkan akses ke Android TV beta jauh lebih sulit dan hampir tidak mungkin bagi pengguna umum.

Ini membutuhkan perangkat keras khusus yang berfokus pada pengembang dan tidak semua orang bisa masuk dan menjalankan versi Android TV. Bahkan, versi beta kedua Android 13 sangat terbatas sehingga hanya perangkat terpilih yang dapat menjalankan sistem operasi tersebut.

Kembali ke topik utama, Android TV 13 kini telah resmi dirilis dari pengujian beta. Meski demikian, peluncuran stabilnya masih tertunda dan belum tersedia untuk masyarakat luas. OEM paling aktif mungkin mulai meluncurkan Android TV 13 yang stabil ke TV mereka setelah Google merilis kode ke OEM dalam beberapa minggu.

Dilansir dari Gizmochina (5/12), saat ini belum ada kata resmi mengenai tanggal rilis publik mengenai sistem operasi tersebut. Namun sekarang setelah pengujian beta selesai, sepertinya tidak akan memakan waktu lebih lama bagi sistem operasi smart TV itu untuk hadir.

Selain itu, dikatakan bahwa Android TV 13 memberikan fitur dengan UI yang lebih diprioritaskan. Ini menunjukkan bahwa UI Android TV berikutnya mungkin tidak menawarkan perombakan yang signifikan. Intinya, Google memberi pengembang API tambahan dan tool aksesibilitas. Platform yang ramah TV ini secara bertahap akan menjadi lebih mudah diakses.

Berbicara seputar perubahan, Android TV 13 sekarang akan memungkinkan pengguna untuk mengubah refresh rate default dan resolusi layar, serta menambahkan dukungan untuk tata letak keyboard tambahan, fungsi deskripsi audio langsung, dan peningkatan API pengelola audio.

Perubahan tersebut akan tergantung pada preferensi pengguna. Pengalaman pengguna (user experience) akan dirancang ulang dengan Android 13. Ini memperkenalkan banyak perbaikan demi mulusnya pengalaman mengakses dan menonton smart TV.

Share
×
tekid
back to top